counter customizable free hit

Bisa diterima di YouTube Partner Program alias YPP yakni program monetisasi utama YouTube yang nanti akan terkait ke Adsense, adalah dambaan banyak YouTubers pemula.

Namun sayangnya mulai Februari 2018, persyaratan monetisasi YPP menjadi lebih berat yakni channel harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Bagi sebagian YouTubers, syarat tersebut tidak terlalu berat. Namun mayoritas YouTubers pemula merasakan bahwa syarat tersebut sangat-sangat berat dan lama sekali dicapai.

Padahal sudah tidak sabar ingin dapet uang dari YouTube.

Nah, pada kesempatan ini saya akan memberi tahu kepada kalian karena tempenya buat saya, bahwa ada cara lain selain YPP atau monetisasi Adsense YouTube, untuk mendapatkan PENGHASILAN dari YouTube tanpa perlu menunggu syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

Inilah beberapa caranya!

1. Menjual produk sendiri atau orang lain

Apakah kalian tidak sadari bahwa banyak sekali konten YouTube yang sebenarnya adalah video produk jualan dia? Misalnya channel genset, maka dia memvideokan genset dan sekaligus berjualan genset tersebut.

Contoh channel monet tanpa syarat

Nah, kalian tidak harus memiliki produk loh. Kalian bisa saja kerjasama dengan pemilik dagangan untuk membantu jualkan dengan perjanjian komisi.

Dibandingkan pendapatan Adsense YouTube, keuntungan menjual produk tentu bisa jauh lebih besar.

Misalnya dari 1000 penonton, jika sudah monetisasi pun uang yang didapatkan tidak lebih dari 20 ribu dari 1000 penonton tersebut. Sedangkan jika kalian berhasil menjual satu produk harga 5 juta misalnya, maka profitnya jelas jauh lebih besar dari pendapatan adsense bukan?!

Cara lain berjualan tanpa memiliki stock adalah dengan cara DROPSHIP yakni kita yang bertransaksi dengan pembeli namun yang mengurus pengemasannya adalah penjual yang memiliki produknya. Dropship itu HALAL ya, caranya adalah dengan mengubungi penjual dan meminta izin untuk menjualkan dengan metode dropship.

2. Mendapat komisi dari Affiliate

Shopee adalah yang paling digandrungi di Indonesia saat ini.

Contoh penempatan link affiliate shopee

Sebenarnya affiliate di Indonesia itu bukan hanya Shopee ya. Tapi memang tingkat konversi dari mempromosikan produk di Shopee itu cukup tinggi. Jadi sangat direkomendasikan.

Contoh kasus : Kalian membuat video tentang kebun belakang rumah. Nah, kalian bisa sekaligus mempromosikan barang-barang yang berkaitan lalu menyertakan link affiliate Shopee di kolom deskripsi.

Misalnya, kalian bisa mempromosikan produk affiliate perlengkapan kebun seperti cangkul, alat penyiram air, pupuk, bibit tanaman, dsb.

Atau kalian memvideokan suatu barang yang ternyata dijual juga di Shopee, maka kalian bisa menyertakan link affiliate Shopee.

Untuk cara mendaftar Affiliate Shopee, saya sudah membuat panduan lengkapnya di halaman ini, atau klik langsung link ini untuk mendaftar : https://shp.ee/n4xbe8b

3. Donasi penonton

Kalau kalian perhatikan, banyak sekali YouTubers terkenal yang membuka donasi melalui beberapa media. Ada yang menggunakan Saweria, Sociabuzz, dan ada yang menggunakan layanan lainnya. Untuk pangsa global, lebih banyak lagi yang digunakan seperti OnlyFans dan Patreon.

Donasi penonton YouTube

Namun sulitnya mendapatkan donasi adalah karena masih sedikit subscriber dan penonton setia bagi YouTubers kecil. Jadi, saya pribadi lebih merekomendasikan antara mempromosikan produk melalui layanan affiliate, dan menjual produk secara langsung atau mempromosikan produk orang lain.

4. Endorse

Masalahnya mirip seeperti nomor 3 yakni masih sedikitnya subscriber akan membuat endorse seperti tidak mungkin. Walaupun ada teman saya yang pernah mau diendorse meskipun subscribernya masih sedikit.

YouTubers diendorse
Contoh YT-ers yang udah kebanyakan duit jadi bikin video kalau ada endorse doang keknya

Oke, kesimpulannya, untuk nomor 3 dan 4 ini sebagai bonus saja karena terlalu sulit untuk direalisasikan bagi YouTubers pemula.

Sedangkan nomor 1 dan 2, dua cara yakni menjual produk dan mempromosikan produk affiliate, adalah dua cara terbaik untuk mendapatkan uang dari YouTube tanpa perlu diterima di program YouTube Partner yang syaratnya adalah 1000 subscribers dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Cara yang sudah benar-benar saya lakukan di channel saya yang belum monet YPP adalah dengan mempromosikan affiliate Shopee. Terlihat konversinya sangat tinggi. Namun ke depan saya akan bekerjasama dengan pemilik toko untuk menjualkan produk mereka.

Anggaplah YouTube itu sebagai media berpromosi dan pada dasarnya juga merupakan social media karena kita bisa berinteraksi dan membangun komunitas di YouTube. Karena itulah, mindset kita harus beralih dari pikiran MONET MONET dan MONET, menjadi tempat kita membangun komunitas dan sarana berpromosi. Semoga berhasil!

Originally posted 2021-12-13 22:07:21.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube TANPA Syarat 4000 Jam Tayang dan 1000 Subscriber
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published.