counter customizable free hit

HP Redmi yang merupakan sub brand dari Xiaomi ternyata memiliki masalah-masalah yang tidak pernah saya rasakan di HP lain yang pernah saya pakai.

Baru di HP Redmi aja nih ada masalah-masalah begini.

Apakah ini kekurangan HP Xiaomi Redmi? Bisa jadi, tapi ini di Redmi Note 8 ya, keluaran 2019/2020. Mungkin keluaran terbaru sudah tidak ada masalah seperti ini.

TAPI masalah yang muncul di HP Redmi Note 8 ini bukan masalah serius ya dan solusi untuk memperbaikinya juga sangat mudah.

Fingerprint sensor rusak di HP Xiaomi Redmi Note?

Masalah ini baru banget saya rasain beberapa jam yang lalu. Ini masalah yang sepele tapi tentu nyebelin banget karena yang biasanya tinggal menempelkan ujung jari untuk membuka kunci HP, jadi harus masukin password.

Memperbaiki gyro sensor dan fingerprint sensor sidik jari xiaomi redmi note 8

Nah cara mengatasi masalah sensor sidik jari di HP Xiaomi Redmi Note yang saya lakukan itu simpel banget yakni mematikan HP lalu hidupin lagi. Bukan di-restart atau reboot ya.

Melainkan harus mematikan total (Power Off), matikan daya. Lalu hidupkan lagi. Dengan cara yang sangat gampang ini, sensor sidik jari alias fingerprint sensor jadi berfungsi normal lagi.

Gyro Sensor Tidak Berfungsi di HP Xiaomi Redmi, Rusak kah?

Ketika gyro sensor rusak, maka ada banyak aktivitas di HP yang terganggu. Mulai dari auto-rotate layar yang gak berfungsi. Main game juga susah. Hingga yang serius bagi saya pribadi adalah penstabil video kamera yang tidak berfungsi karena Electronic Image Stabilization membutuhkan gyro sensor. Akhirnya videonya shaky banget, goyang.

Nah cara mengatasi masalah Gyro Sensor yang “Rusak” adalah sama dengan cara di atas yakni mematikan total HP dengan Power Off/ Matikan Daya. Lalu hidupkan lagi.

Tentu ini kalau kerusakannya bukan di komponennya ya, dan kemungkinan memang tidak rusak kok, cuma mati atau disconnect aja sensornya. Sepertinya juga ini software aja, bukan disconnect akibat sirkuit terputus.

Nah, itu adalah tahap 1 untuk memperbaiki sensor Gyro dan Sidik Jari yang tidak berfungsi atau rusak sementara.

Dengan cara yang yang sangat mudah yakni mematikan dan hidupkan lagi, HP Xiaomi Redmi Note yang saya pakai akhirnya berfungsi lagi baik Gyro ataupun FIngerprint sensornya.

Kalau ternyata tidak berhasil, maka perlu lakukan cara yang lebih advance. Kita bahas di artikel terpisah ya…

Originally posted 2021-11-27 23:20:47.

Sensor Sidik Jari (Fingerprint) dan Gyro HP Xiaomi Redmi Note Gak Berfungsi? Begini Cara Perbaikinya
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published.