Pemerintah melalui pihak-pihak yang bertanggungjawab termasuk OJK bilang bahwa hutang ke pinjol ilegal gak perlu dibayar.

Pinjol ilegal harus dibasmi makanya hutang ke mereka jangan dibayar.

Tapi, betulkan semudah itu?

Sejak munculnya statement bahwa pinjaman ke pinjol illegal gak perlu dibayar, akhirnya banyak orang yang justru terpancing buat pinjam ke pinjaman online ilegal dengan niat awal gak akan dibayar ketika ditagih.

Ya banyak orang yang memanfaatkan aturan tersebut.

Termasuk banyak yang tergoda pinjam ke PinJol karena setelah 3 bulan katanya gak akan ditagih lagi.

Saya udah cerita juga bahwa ada temen yang memang setelah 3 bulan gak ditagih, baca di sini.

NAMUN BEGINI LOH!!!

Ada beberapa HAL YANG HARUS KALIAN PAHAMI YA!

PinJol Ilegal
Ilustrasi

1. Debt Collector alias penagih dari PINJOL resmi yang terdaftar di OJK aja kadang bisa kasar nagihnya. Bahkan gak kasar pun bisa bikin stres karena chat atau telpon yang bertubi-tubi…

APALAGI PINJOL ILEGAL!!!

Debt Collector dari pinjol ilegal akan sangat mudah untuk berkata kasar dengan umpatan binatang bahkan ancaman-ancaman untuk sebar data dll.

Kalau kalian pinjam ke PinJol ilegal dan telat bayar, pasti bakal diuber-uber terus.

Bolehkah gak dibayar?

2. YES, memang pinjaman ke pinjol ilegal itu disarankan untuk tidak dibayar!

TAPI bukan berarti gak akan ditagih. Jadi kalau kalian bukan tipe orang yang berhati baja yang ada sedikit titisan preman, dan gak punya backing pula, JANGAN COBA-COBA!

Karena debt collector itu ngomongnya akan kasar, penuh ancaman, dan kalian GAK AKAN KUAT!

3. BUNGA TINGGI DAN TENOR SINGKAT

PinJol resmi aja BANYAK YANG NAKAL memainkan bunga dan tenor.

Ya APALAGI PinJol Ilegal.

Mereka gak ada kewajiban ngikut peraturan OJK tentang bunga, denda, dsb.

Ya karena mereka gak terdaftar jadi lepas dari OJK.

PinJol ilegal itu nakalnya bukan main. Daftar di satu app lalu cair, bisa aja didaftarin juga di app lain, cair juga walau kalian gak daftar.

Ya kalian mungkin seneng ada uang masuk, tapi pas jatuh tempo, beuh, kalau kalian bukan tipe preman sih saya yakin kalian gak akan kuat.

4. Mereka GAK PAKAI ATURAN

Ya mereka akan tagih dengan cara sesuka mereka. Udah banyak kasus ketika debt collector ngedit foto buat disebarin ke kerabat nasabah yang GALBAY, atau menghubungi kontak-kontak yang tidak pernah diberikan ke mereka.

Ya mereka PUNYA AKSES KONTAK kalian ketika daftar di aplikasinya. Makanya hati-hati dan baca lebih teliti apa saja persetujuannya.

Jelas mereka itu melanggar peraturan OJK dan UU, tapi kan mereka memang ilegal. Jadi kalau mereka jahat pun ya jadinya suka-suka mereka. Kriminal emang ikut aturan?

KESIMPULAN

Jangan mau kalau nama kalian dipinjam teman atau pacar (seringnya pacar) yang minta daftarin pinjol ilegal dengan alasan GAK AKAN DIBAYAR KOK, bahkan ada yang bilang itu duit haram jadi gak usah dibayar, ckck.

TOLONG JANGAN GOBLOK. Jangan pernah mau ya! Kalau duit haram ngapain pula pengen dapetin duit itu, aneh2 aja.

JANGAN BERANI-BERANI PINJAM ke PINJOL ILEGAL  kalau kalian berhati lemah, mental kerupuk, GAK AKAN KUAT MENGHADAPI DEBT COLLECTOR MEREKA.

Saya serius. Saya ngomong keras karena memang saya gak tahan liat YouTuber yang nyaranin pinjem ke PinJol ilegal karena gak perlu dibayar.

Akhirnya yang dirugiin ya yang percaya. Ya memang bener gak perlu dibayar. Pertanyaannya adalah…

EMANG KUAT NGADEPIN DEBT COLLECTORNYA?

Ya pasti kalian dalam hati banyak yang jawab, ya kuat lah..

Udahlah percaya saya aja, kalian gak akan kuat dan pasti stress lalu bisa aja melakukan hal yang lebih gila.

Lalu dipandang dari sisi lain;

HUTANG IS HUTANG.

Kalau dari awal transaksinya hutang, meskipun itu pinjol ilegal ya tetap saja ada hukum hutang piutang ya.

Banyak cerita juga kalau debt collector akan membebaskan bunga lalu meminta nasabah untuk bayar hutang pokoknya saja. Hal ini karena mereka daripada rugi gak dibayar sama sekali dan gak bisa nagih secara terang-terangan karena mereka ilegal jadi mending balik duit pokoknya. Ya ini bisa jadi menggoda kalian yang pengen hutang dan bayarnya bebas bunga.

Tapi balik lagi; kalian mampu gak ngadepin debt collectornya?

Jadi, jangan coba-coba ya, apalagi percaya kalau akan semudah itu untuk menghindari bayar hutang ke PinJol Ilegal.

Kalau misal gampang buat gak bayar hutang ke Pinjaman Online Ilegal, gimana ceritanya PinJol ilegal masih berkeliaran di mana-mana? Think again!

Benarkah Pinjaman ke PinJol ILEGAL Tidak Perlu Dibayar?
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *