counter customizable free hit

Pernah gak kalian ngerasain, saat harus menggunakan satu meja, satu mouse, satu keyboard, dan satu layar monitor, namun kalian harus menggunakan dua komputer bisa itu dua PC, dua laptop, atau satu PC dan 1 laptop.

Pasti ribet banget kan kalau harus ada dua keyboard, dua mouse, atau dua layar.

Atau kalian berganti-ganti untuk colokin keyboard, mouse atau monitor antar PC atau laptop.

Ya, saya menggunakan laptop juga tetap suka menggunakan mouse, keyboard eksternal, dan layar monitor eksternal.

Nah solusinya ternyata ada nih.

Yaitu KVM Switch!

KVM Switch USB VGA HDMI

KVM Switch adalah pengalih saluran Keyboard, Video, dan Mouse. Sedangkan kalau hanya switch video saja misal ada beberapa input HDMI dan 1 output HDMI, maka namanya bukan KVM Switch tapi HDMI Switch saja.

Di pasaran, ada macam-macam jenis dan tipe serta banderol harga KVM Switch ya.

Bahkan termurah ada yang di bawah 100 ribu, 300 ribu, dan ada yang mencapai hampir 1 juta.

Sedangkan kalau video switch saja, itu harga termurahnya gak sampai 50rb ya, kalau kalian hanya butuh switch video HDMI, bisa beli melalui link berikut:

HDMI Switch

  • HDMI Switch 3 input to 1 output : Rp 38.000 (Klik DI SINI)
  • HDMI Switch dengan HDMI Port Male 3 to 1 : Rp 45.500 (Klik DI SINI)
  • HDMI Switch merk VENTION 2in1 (2 input 1 output) : Rp 135.000 (Klik di sini)
  • HDMI Switch 4 input to 1 output dengan Audio Optical : Rp 280.000 (Klik DI SINI)
  • HDMI Switcher merk VENTION 3 to 1 dengan remote : Rp 300.000 (Klik DI SINI) Tersedia juga versi 5 input dan versi HDMI 2.0 4K

Sedangkan kalau kalian butuh switch untuk Video dan USB, maka bisa menggunakan KVM Switch. Saya rekomendasikan kalian beli KVM Switch yang harganya sedang-sedang saja, kecuali kalau budget tidak masalah bisa ambil yang termahal.

Untuk pilihan produknya, berikut yang bisa kalian pertimbangkan ya, serta detail port yang dimiliki masing-masing KVM Switch berikut:

1. KVM21UA/ USB 2.0 KVM Switch

Harga : 75rb. LINK Pembelian dan Spek lebih lengkap lihat DI SINI ya.

KVM Switch 2 device

Didesain untuk digunakan pada dua PC bahkan tertera namanya PC 1 dan PC 2.

Port yang tersedia adalah 2x VGA port, 2x USB Type B input, 2x USB Type A input, 1x port VGA output, dan 1x USB Type B output.

Jadi alat ini benar-benar dipisah jadi 2 dengan masing2 ada USB dan VGA port, lalu disambungkan ke 1 VGA dan 1 USB, kalau menggunakan mouse dan keyboard nampaknya harus membeli USB Hub juga ya.

KVM Switch 4 device

Lalu ada lagi satu tipe yang masih dari produsen yang sama nampaknya, namun didesain untuk dipakai dengan 4 PC. Cocok untuk anda yang apa ga tau juga sih, 4 PC banyak beud bro. Mungkin ternak PC untuk mining ataupun jalanin banyak proses bersamaan dengan PC yang berbeda. Harga 110 ribuan bisa Beli DI SINI.

2. UGREEN USB KVM Switch

Nah ini rekomendasi saya sih, ini harga 300 ribuan dan dibuat oleh merk yang cukup kredibel ya; Ugreen. Belinya DI SINI.

Ugreen KVM Switch VGA

Jadi jumlah portsnya sbb:

  • Input : VGA x4, USB Type-B 2.0 Female port x4
  • Output : VGA x1, USB Type-A 2.0 x3

Ugreen KVM Switch

Dengan adanya input display sebanyak 4 buah, maka kita bisa menyambungkan 4 PC atau 4 source ke 1 display. Resolusi port VGA bisa mencapai 1080p 60Hz.

Kekurangannya adalah belum menggunakan port jenis HDMI, sehingga kita masih perlu converter jika monitor yang kita gunakan sudah pakai HDMI saja. Solusi lebih praktis untuk monitor HDMI ada di nomor 3 berikut:

3. KVM Switch HDMI VENTION

Ya ini bermerk Vention sehingga lebih kredibel dibanding merk sebelumnya. Namun harganya tidak murah juga yakni Rp 636.000. Untuk pembelian bisa KLIK DI SINI.

Vention KVM Switch HDMI

Jumlah-jumlah ports-nya sbb:

  • Input : HDMI x2, USB Type B x2, USB Type A x4 (output)
  • Output : HDMI x1

Vention KVM Switch HDMI specs

Nah jadi dengan KVM Switch HDMI ini kita bisa kontrol 2 PC dan menuju 1 display. Bisa nyambungin 2 PC ke 4 device yang disambungkan melalui USB Type-A misalnya Printer, Flashdisk, Mouse, dan Keyboard. Selain PC kita bisa nyambungin device lainnya juga seperti Game Console atau TV Box.

Switching atau berpindah juga bisa secara automatic, menggunakan tombol keyboard, maupun tombol yang ada di device KVM Switch ini.

Resolusi output HDMI bisa support hingga 4K 30Hz dan jarak hingga 28 meter. Nah ini adalah paling recommended ya di antara pilihan lainnya walau cuma 2 port saja. Sebabnya adalah karena monitor sekarang rata-rata sudah pakai HDMI dan tidak lagi dibekali port VGA.

Jika monitor masih pakai VGA, maka bisa pilih yang lebih murah yakni merk UGREEN di nomor 2.

Semoga membantu dan happy hunting!

Originally posted 2022-01-27 21:58:34.

1 Mouse, 1 Keyboard, 1 Layar, untuk 2-4 PC Komputer & Media Source
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.