Xiaomi resmi memperkenalkan 3 versi dari seri ponsel andalan mereka yakni Redmi Note 11 series. Tiga versi tersebut adalah Redmi Note 11, Note 11 Pro, dan Note 11 Pro+.

Untuk memahami lebih detail apa saja yang dibawa oleh Redmi Note 11 Pro dan Note 11 Pro+, mari kita bahas dengan point kelebihan dan kekurangannya.

Harga Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Kelebihan Redmi Note 11 Pro & Pro+

  • Desain body Redmi Note 11 Pro dan Pro+ tampak berkelas banget dengan tepian sisi flat seperti halnya iPhone terbaru.
  • Layar AMOLED dengan ukuran 6.67 inch dan refresh rate 120Hz serta 360Hz touch sampling rate, tentu pecinta multimedia dan gaming tidak akan komplain lagi, kecuali bagi gamer yang tak tau diri 😀
  • Khusus untuk Redmi Note 11 Pro+, satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh versi lainnya adalah kemampuan charging hingga 120W. Ini sangat kencang. Sehingga mengisi baterai Note 11 Pro+ dari 0% hingga full hanya butuh 15 menit menurut tes mereka.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 11 Pro

  • Redmi Note 11 Pro yang bukan + juga tetap memiliki kecepatan charging yang istimiwir yakni 67W.
  • Kapasitas baterai Redmi Note 11 Pro adalah 5160 mAh, besar! Note 11 Pro+ lebih kecil dengan 4500 mAh, tapi itu besar juga.
  • Chipset yang digunakan adalah Dimensity 920. Banyak yang menyangsikan chipset ini, padahal performanya gak bisa diremehkan sama sekali. Score AnTuTu Dimensity 920 berkisar di angka 500.000 ditest menggunakan AnTuTu V9.
  • Ada 3 pilihan memory RAM dan storage; 6/128 GB, 8/128, dan 8/256 GB.
  • Ada 3 kamera di belakang. Kamera utama adalah resolusi 108 MP yang menggunakan sensor HM2 dari Samsung. Kemudian ada kamera ultrawide 8MP dengan sudut 120 derajat FoV, dan kamera ketiga adalah telemacro 2MP.
  • Kamera depannya memiliki resolusi 16MP.
  • Masih ada audio jack 3.5mm.
  • Speaker stereo yang di-tune oleh JBL.
  • Dual SIM. Sebagian info bilang satu slot SIM adalah Hybrid yang artinya bisa digunakan untuk kartu SIM atau kartu microSD. Namun kita akan cek lagi nanti kebenarannya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 11 Pro & Pro+

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Yap, ada kekurangannya. Beberapa yang bisa dikatakan kekurangan;

  • Redmi Note 11 Pro dan Pro+, spesifikasinya sama; hanya berbeda pada kemampuan charging saja.
  • Sebagian info menyatakan bahwa Redmi Note 11 Pro dan Pro+ tidak mendukung microSD card, tapi kita akan tunggu info lebih update-nya.
  • Resolusi 2MP untuk telemacro. It’s not bad sih, tapi coba at least ya 5MP lah.
  • Harga Xiaomi Redmi Note 11 Pro termurah sudah hampir 4 juta rupiah, tepatnya di China dijual mulai CNY1,699 atau sekitar Rp 3,8 juta.
  • Harga Redmi Note 11 Pro+ berbeda cukup signifikan dibanding non + yakni dimulai dari CNY1,999 atau sekitar Rp 4,44 juta rupiah. Lebih mahal 670 ribu rupiah.
  • Banyak yang menyangsikan performa dari chipset Dimensity 920. Dan banyak yang berharap versi globalnya akan menggunakan chipset dari Qualcomm Snapdragon.

Hal yang paling menarik ketika melihat Redmi Note 11 Pro dan Pro+ adalah desain body-nya yang cukup segar dilihat berkat tepian flat. Xiaomi dulu pernah menggunakan desain seperti ini untuk beberapa ponsel mereka; salah satunya Mi4.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Di dalam, chipset yang dibenamkan juga cukup kencang. Namun paling menonjol adalah kecepatan chargingnya. Meski bukan yang + di mana bisa charging hingga 100% hanya dalam waktu 15 menit saja, yang non + pun sudah tergolong punya kecepatan tinggi berkat 67W-nya. Belum ada data berapa menit untuk charging hingga 100%.

Bagaimana jika ternyata benar tidak mendukung microSD card?

Well, bagi saya personal, tidak terlalu masalah karena saat ini pun HP saya microSD-nya hanya untuk kondisi yang sangat darurat saja. Tidak bisa dipungkiri, kecepatan microSD tidak bisa secepat internal storage yang menggunakan UFS 2.2.

Pilih Note 11 Pro atau Pro Plus?

Perbedaan harga 600 ribuan mungkin masih masuk akal demi mendapatkan kemampuan charging 0-100% dalam 15 menit saja. Namun saya personal lebih prefer yang Pro tanpa Plus, sudah cukup dengan 67W, dan ada tambahan beberapa ratus mAh pada kapasitasnya.

Overall, dengan harga di kisaran 4 juta kurang, Xiaomi Redmi Note 11 Pro masih sangat memikat sih. Mungkin faktor pertama adalah desain luarnya, lalu layarnya yang udah cukup mantul, hardware cukup kencang, charging juga cepat, bonus fitur-fitur lainnya.

Gimana menurut kalian tentang Redmi Note 11 Pro ini?

Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi Note 11 Pro & Pro+
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *