Ternyata pinjaman online Akulaku gak wajib dibayar setelah 3 bulan?

Dalam urusan hutang-piutang, ada dua hukum yang melekat ke kita yakni Agama dan UU Negara.

Lalu mana yang harus kita ikuti? Ya itu kembali ke diri masing-masing ya.

Namun di sini saya akan cerita tentang pengalaman pinjaman online Akulaku gagal bayar alias GalBay PinJol Akulaku.

Jadi dia ini pinjaman online-nya banyak hingga belasan juta rupiah. Ya bagi yang pernah berurusan dengan PinJol, memang kadang tidak terasa sudah besar sekali hutangnya.

Oiya, sebelum kalian meneruskan membaca, satu yang bisa saya sampaikan adalah “jauhi Pinjol”

Tapi ya saya juga paham bahwa kadang ada orang yang terpaksa harus minjam ke PinJol dengan satu atau lebih alasan. Saya paham banget kok.

Karena itulah di sini saya coba sedikit menenangkan kalian yang memiliki urusan pinjaman online di Akulaku yang lalu GalBay.

Pertama; Akulaku akan menelpon untuk menagih pinjaman online itu bahkan 4 hari sebelum jatuh tempo. Iya, itu menyebalkan.

Jadi, pasti paham kan bagaimana jika sudah jatuh tempo dan bahkan lalu lewat dari hari jatuh tempo.

Ya pasti kalian akan ditelpon terus secara rutin. Diteror lah.

Denda dan bunga Akulaku itu pasti ada, tapi di sini saya ingin cerita pengalaman yang lebih parah dari itu. Galbay sampai hitungan BULAN.

Nah, debt collector online pasti akan memburu nasabah PinJol Akulaku yang gagal bayar.

Bentuk menagihnya pun bisa bermacam-macam ya, ngancem-ngancem itu udah biasa. Untungnya, PinJol yang terdaftar di OJK sih gak sampai melakukan tindakan yang melanggar hukum, misalnya yang ngirimin foto2 editan begitu, ya itu biasanya di pinjol illegal.

Debt collector ngancam dateng ke tempat kerja? Ya itu juga biasa.

Ngancam dateng ke rumah? Ya itu biasa banget.

Nelponin nomor darurat? Ya pasti lah.

Lalu gimana sikap untuk menghadapi debt collector?

Nah di sinilah kemampuan orang itu beda-beda ya dalam mengelola emosi ketika ditagih apalagi diancam.

Cara yang bisa dilakukan adalah; jawab dengan santai dan tenang. Jangan berkata kasar karena debt collector akan menjawab lebih kasar lagi.

Nah pengalaman yang saya dapatkan dari penagihan yang bilang mau dateng ke rumah; malah dijawab dengan “silahkan sini datenglah ke rumah, kita ngopi-ngopi.”

Ya begitu sampai akhirnya sudah 3 bulan dan selama 3 bulan itu tentu ditagih terus menerus. Lalu apa yang terjadi setelah gagal bayar 3 bulan.

Eh ternyata udah gak ditagih lagi tuh. Kok bisa? 

Ternyata ada batas menagih yakni 3 bulan. Setelah itu maka tidak akan ditagih lagi meskipun masih ada hutang belasan juta rupiah. Ini peraturan Undang-Undang. Ini saya cerita aja ya dari pengalaman nyata.

Tapi apa konsekuensinya?

Nasabah yang gagal bayar dalam kurun maksimal 3 bulan, maka data nasabah itu masuk daftar BLACKLIST di OJK yang artinya tidak bisa lagi pinjam secara legal di Pinjol yang terdaftar di OJK dan di Bank-bank.

Gak bisa ngutang secara resmi lagi ke badan-badan yang diawasi oleh OJK karena data sudah masuk dan blacklist.

Begitu.

Jadi gak ada ceritanya dipenjara atau ditagih hingga lebih dari 3 bulan.

Sekarang pertanyaannya. Kamu sanggup nahan mental selama 3 bulan ketika galbay di PinJol Akulaku?

Tidak semua tahan, lalu akhirnya melakukan banyak cara, salah satunya ngutang di sana-sini, pinjol lainnya. Bahkan amit-amit, sampai terjerat ke Pinjaman online ilegal.

Jangan ya..

Apalagi sampai lalu stres berat. Cara ngadepin debt collector dari Pinjol legal itu harus dengan tenang. Walaupun saya tau itu akan sangat sulit.

Tapi dari pengalaman yang saya dapatkan dari teman yang relatif ada hubungan dekat, ternyata bisa kok bertahan. Syaratnya adalah; agak-agak bodo amat aja.

Nah, cerita di atas adalah pengalaman nyata gagal bayar di pinjaman online Akulaku dan pinjol lainnya; ya Adakami dll.

Masih secara sekilas karena saya masih coba-coba membahas Pinjol lebih dalam. Kita lihat besok-besok mungkin saya akan bahas lebih banyak lagi.

Cerita di atas juga untuk kamu yang sudah kadung terjerat hutang di Pinjol Akulaku lalu galbay.

Sedangkan untuk kamu yang belum ngerasain punya hutang di Pinjol Akulaku dan Pinjaman online lainnya, hmm, coba cari sumber lain untuk dapetin hutang. Karena, kalau kamu tidak punya pendapatan yang cukup, maka resikonya akan terjerat hutang dan akan stres berbulan-bulan ngadepin penagih alias debt collector yang umumnya galak-galak. Ya namanya nagih hutang ya wajar kalau galak, kalau gak galak malah aneh ya kan..

Tapi kamu harus kuat aja ngadepinnya dan jangan diambil hati banget. Jadi kamu akan bertahan hingga akhirnya gak ditagih lagi, ya walaupun akhirnya blacklist. Oke, good luck.

Cerita di atas hanya berdasarkan pengalaman ya. Untuk kasus berbeda, di kondisi yang berbeda, perbedaan itu pasti ada.

Pengalaman Pinjol Akulaku Galbay sampai 3 Bulan
Tagged on:         

7 thoughts on “Pengalaman Pinjol Akulaku Galbay sampai 3 Bulan

  • Nov 11, 2021 at 7:39 am
    Permalink

    Tapi DC nya tetep dateng kerumah gak selama 3bulan itu?

    Reply
    • Nov 11, 2021 at 7:09 pm
      Permalink

      debt collector pernah dateng tapi gak galak, beda dengan di telp atau chat.

      pasti tetep nagih terus.. bisa dateng ke rumah walaupun gak selalu. yang jelas ngancem datengin rumah itu pasti, atau kantor, tapi belum tentu akan datengin beneran.

      Reply
      • Nov 23, 2021 at 5:48 am
        Permalink

        Mas nya pernah di datangin?

        Reply
        • Nov 23, 2021 at 5:49 am
          Permalink

          Mas nya kan udah lama ya, masih suka ditagih atau di datangin dc gak?

          Reply
          • Nov 23, 2021 at 9:32 am
            Permalink

            setelah 3 bulan udah gak ditagih katanya. peraturan OJK juga begitu.

      • Nov 23, 2021 at 6:43 am
        Permalink

        Saya telat hampir 2bulan, takut dtng kerumah. Bukan takut sama dc nya tapi sama ortu

        Reply
        • Nov 23, 2021 at 9:30 am
          Permalink

          sebenernya kemungkinan dateng ke rumah itu kecil banget tapi bisa aja, udah ada yang ngalamin didatengin kantornya oleh salah satu pinjol. mungkin tergantung nilai hutang juga serta tempat tinggal.

          ya saran saya sih ga perlu takut berlebihan dan pasrah aja, maaf yaa kalau tidak membantu menenangkan, hehe

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *