Ada 3 jenis metode untuk mengecilkan ukuran video yang bisa kita pilih, dari tersimpel hingga terbaik.

Ngecilin ukuran video itu ada beberapa manfaat;

  1. Ada batas ukuran video yang boleh diupload ke sebuah website, misalnya Shopee. Maka kita bisa upload DURASI UTUH video walau ada batas ukuran file. (durasi panjang tapi ukuran file kecil)
  2. Bisa menghemat ruang kapasitas penyimpanan di HP kita. (compress lalu hapus/pindahkan file asli)

Dalam merekam video menggunakan kamera HP, kita sebenarnya sudah bisa mengatur agar ukuran file tidak terlalu besar, caranya adalah;

  1. Menurunkan besaran resolusi, misalnya dari 4K ke FHD atau FHD ke HD.
  2. Menurunkan video bit rate. Cara ini biasanya tidak tersedia di aplikasi kamera bawaan HP jadi bisa pakai aplikasi pihak ketiga, rekomendasi saya adalah Open Camera.

Nah, kalau video yang ada di HP kita sudah terlanjur berukuran besar, kita bisa mengecilkan dengan 3 metode berikut.

Metode terbaik adalah Metode Nomor 3!

CARA mengecilkan ukuran video di HP, Metode 1

Paling gampang dan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada di HP kita adalah dengan kirim video melalui WhatsApp, atau Telegram, atau Facebook, bisa ke nomor teman kita atau ke nomor cadangan kita sendiri.

KEKURANGAN pakai WhatsApp adalah durasi videonya terbatas ya. Sedangkan Telegram tidak.

Kekurangan lainnya adalah kita tidak bisa mengontrol seberapa ukuran file yang kita inginkan. Gambar di bawah adalah kalau pakai Telegram.

Mengecilkan ukuran file video menggunakan telegram
Kirim video di Telegram

Nah, Setelah terkirim lalu kirim balik deh ke nomor kita, itu bisa dipastikan ukuran sudah mengecil. Baru deh kita upload ke website/app yang kita sedang berurusan, misalnya upload bukti unboxing video Shopee gara2 ditipu penjual.

CARA ngecilin ukuran file video, Metode 2

Ini lebih baik dan lebih terukur yaitu menggunakan aplikasi editor video, lalu kita SAVE dengan resolusi lebih rendah dan kualitas video lebih rendah pula.

Aplikasi yang saya rekomendasikan salah salah satunya adalah YouCut, ini adalah milik InShot yang terkenal itu, bedanya di YouCut gak ada watermarknya ya. Jadi lebih baik. Link App.

Mengecilkan ukuran file video menggunakan aplikasi editor video
YouCut video editor

Cara pakainya cukup mudah, kalau tidak perlu diedit, maka setelah New Project dan memilih file video, langsung saja SAVE dan geser-geser pilihan Resolusi menjadi 720p (atau lebih rendah) dan Quality menjadi Low. Lihat di baris paling atas ada Estimasi file size : x.xM, nah sesuaikan saja dengan batas ukuran video di app/web di mana kita berurusan. Lalu klik SAVE.

Cara mengompres ukuran video menjadi lebih kecil, Metode 3 (Terbaik)

Kenapa terbaik? Karena kita lebih punya kebebasan memilih resolusi dan bit rate agar ukuran video sesuai dengan keinginan kita.

Cara ini juga bisa kita pakai untuk ngompres video super besar dengan ukuran file ber-Giga-Giga, dan bisa kita kompres menjadi ratusan Mb bahkan puluhan Mb.

  • Caranya, download di Play Store aplikasi “Video Compressor” (recommended). Link bisa klik di sini.
  • Setelah dibuka, kita pilih video yang ingin kita kecilkan yang sudah tertampil di tampilan pertama saat kita membuka App. Bisa kita buka juga File Manager untuk memilih video dari folder.
  • Setelah kita pilih video, kita masuk ke menu app ini, ada Compress Video, Cut + Compress, dll. Kita pilih yang Compress saja dulu untuk fungsi utama yakni mengecilkan video. Nah biasanya ada iklan tuh, kita tunggu bentar lalu tutup iklannya.
Mengecilkan ukuran video pakai aplikasi compressor
Video Compressor app

Masuk ke tampilan Compression Quality.

  • Kita bisa pilih sesuai yang sudah ada di daftar, baik High Quality ataupun Low Quality. Cara ini lebih mudah bagi yang malas mengatur sendiri.

Kalau saya, lebih suka buka Custom. Lalu sesuaikan resolusi yang diinginkan dan Bit Rate juga dikecilkan.

Lebih sering saya tidak merubah Resolusi dan hanya mengecilkan Bit rate-nya saja menjadi sepertiga, bahkan bisa sepersepuluh dari video asli.

  • Ya kita bisa lihat langsung ukuran file video setelah kita compress di tengah2 thumbnail gambar video. Setelah itu lalu klik Compress Video.

File video versi yang sudah dikompres ada di folder IdeaVideoCompressor.

VIDEO ASLI tidak akan terhapus ya kalau kita tidak menghapusnya. Jadi tenang saja.

Nah, itu dia 3 cara untuk mengecilkan ukuran video yang kadang penting banget ya ketika kita harus upload ke app tertentu sebagai syarat. Atau bisa juga untuk menghemat ruang penyimpanan HP kita.

BONUS, Cara ngecilin ukuran file foto/ gambar di HP Android

Untuk mengecilkan ukuran gambar, bisa pakai metode yang mirip. Yakni kompres melalui app chatting seperti WhatsApp, ataupun menggunakan aplikasi editor foto, rekomendasi saya adalah InShot. Dan yang lebih baik lagi adalah pakai app Video Compressor tadi, tapi pada tampilan pertama; pilih Photo Compressor.

Cara mengecilkan foto gambar di HP

Demikian cara mengecilkan ukuran video mulai dari cara ter-awam sampai yang lebih fleksibel menggunakan compressor. Semoga bisa membantu ya, and Good luck!

Cara ngecilin ukuran video di HP Android, gampang kok
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *