Cara Menjadikan Speaker HP Sebagai Speaker Laptop/ PC

Selain mampu menjadikan kamera HP sebagai kamera webcam laptop dan pc kita, ternyata speaker HP pun bisa kita jadikan output audio loh dari pc atau laptop.

Biar apa?

Untuk PC, mungkin kita tidak punya speaker eksternal untuk mendengarkan suara dari PC computer. Bisa juga speaker laptopnya rusak atau kualitasnya tidak seenak speaker HP. Termasuk speaker laptop saya juga suaranya kecil bahkan saat ini drivernya bermasalah sehingga tidak bisa mengeluarkan suara.

Maka, HP Android bisa kita jadikan speaker eksternal dari laptop atau PC dengan langkah yang sangat mudah.

Cara Menyambungkan Speaker HP Android ke Laptop/ PC Windows

 

Cara nyambungin speaker HP ke laptop pc

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama AudioRelay. Bisa juga pakai aplikasi lain, namun sudah saya coba berkali2 dan tidak works.

Berikut langkahnya;

1. Kalian download dulu aplikasi di Play Store (Android), berikut link-nya, atau bisa kalian cari dengan kata kunci “Audio Relay.”

2. Download juga software AudioRelay untuk windows di link berikut; https://audiorelay.net/download

3. Setelah keduanya diinstal, lalu hubungkan dengan dua cara;

A. Pakai WiFi Secara Wireless

Aktifkan Tethering Hotspot di HP Android. Lalu sambungkan WiFi laptop ke Hotspot HP tersebut. Lalu buka software AudioRelay di laptop, dan buka juga aplikasi AudioRelay di HP.

Cara menjadikan speaker HP sebagai speaker laptop

Aplikasi HP akan mendeteksi secara otomatis, atau bisa juga kita klik tombol SEARCH untuk pencarian. Klik pada nama Saluran WiFi Laptop kita, biasanya namanya seperti nama komputer saat instal OS.

Jika sudah terkoneksi, maka bisa langsung dipakai. Namun yang harus diperhatikan ketika suara tidak keluar di HP adalah cek lagi apakah ada output dari laptop, bisa ke speaker laptop bisa ke headphone/earphone. Karena prinsip kerja AudioRelay ini adalah mengcopy dari output laptop, jadi kalau gak ada output yang tersambung, dianggapnya tidak ada suara juga. Speaker HP melalui AudioRelay tidak bisa dijadikan output satu-satunya.

Sambungan bisa multiple device ya, jadi bisa disambungin ke lebih dari satu HP dengan satu sumber suara.

Cara menjadikan speaker HP sebagai speaker laptop pc wireless wifi

Bagaimana dengan DELAY? Yes ada! Delay menggunakan sambungan WiFi bisa cukup mengganggu, jika dirasa sangat mengganggu, maka bisa gunakan sambungan USB.

Jika WiFi laptop disambung ke modem, tetap bisa disambungkan ke HP, tapi HP mesti tersambung juga ke modem tsb. Jadi nyambung semua jaringannya melalui IP.

B. Lewat kabel USB

Caranya hampir mirip, namun langkah pertamanya adalah dengan mencolokkan kabel USB HP ke laptop, lalu mengaktifkan USB tethering pada HP. Jaringan akan dideteksi otomatis, setelah tertera nama laptop kita, bisa langsung diklik, dan langsung digunakan.

Jika WiFi aktif, maka akan ada dua IP. Pilih yang IP USB ya, jangan salah.

Cara nyambungin speaker HP ke laptop pc pakai kabel usb dan wifi

Perbedaan DELAY sangat signifikan, mungkin karena WiFi laptop saya tidak secanggih laptop masa kini.

Cara menjadikan speaker HP sebagai speaker laptop pc pakai kabel usb

Kalau pakai USB, delaynya minim, tetap ada kalau di laptop saya. Mungkin kalau di laptop bagus sih berkurang.

Demikian cara nyambungin speaker HP ke laptop atau PC computer. Semoga berguna, tanyakan kalau ada yang tidak dimengerti.

Untuk fast response, bisa mention saya di twitter; @elmuhablog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here