Berapa Pendapatan Asli YouTubers Indonesia?

Pendapatan YouTubers bisa berasal dari beberapa sumber penghasilan, antara lain dari YPP (YouTube Partner Program), endorse, bisa juga dengan menjual produk sendiri.

Kali ini kita akan bahas terfokus pada penghasilan dari YPP atau Adsense YouTube. Berapa sih penghasilan yang didapat YouTuber lokal?

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi pendapatan, misalnya niche atau topik video. Beda topik akan berbeda pula rata-rata besaran nilainya.

Menjawab pertanyaan berapa besar yang didapat, tentu lebih tepat kalau saya menggunakan pengalaman pribadi, betul?

Jadi, anggaplah channelnya topik standar, per 1000 views itu kisaran penghasilan yang didapat adalah $0.5 di awal tahun, di akhir tahun kemarin bisa mencapai $0.8.

Jadi untuk mendapat penghasilan 10 juta rupiah per bulan, per harinya harus bisa mendapatkan views sebesar;

Rp 10.000.000/ Rp 14.000 = $715/ 30 days = $23.8/ hari.

$23.8/ $0.5 = 47.6 x 1000 views = 47.600 views per hari.

Katakanlah sebuah channel bisa mendapatkan 100 ribu views per hari, maka Rp 20.000.000 per bulan sudah didapat.

Jika per 1000 bisa 0.8 dolar, maka angkanya bisa menjadi 30 ribu views saja per hari untuk mendapatkan 10 juta per bulan. 100 ribu views per hari bisa mendapat 30 juta per bulan gaes.

Sedangkan untuk endorse, biasanya butuh subscriber yang besar.

Pendapatan YouTubers Indonesia
YouTubers ini stres karena lupa cara menghidupkan laptop

Jika ingin mendapatkan penghasilan selain iklan dan endorse, maka berjualan adalah cara yang banyak dilakukan YouTubers.

Sebagian pemilik channel yang sudah cukup mapan biasanya berjualan merchandise yang berhubungan dengan channel tsb.

Misalnya channel MotoMobi yang sering bilang “Kami Suka Turbo” maka yang dijual bisa berupa kaos, topi, stiker, dll bertuliskan kalimat tersebut.

Atau contoh lain; jika channel kalian tentang peliharaan hewan tertentu, kalian juga bisa menjual makanan hewan, misal makanan kucing, makanan burung, dsb.

Misal channelnya adalah tentang menanam, bisa berjualan bibit tanaman, alat-alat pendukung, dsb.

Pendapatan dari berjualan mungkin punya potensi yang lebih besar dari penghasilan dari Adsense, terutama jika kalian mampu membuat konversi yang baik untuk penjualan.

Meskipun niat berbagi adalah yang paling baik untuk membangun channel, namun niat untuk mendapatkan uang dari YouTube juga sudah tertanam di hati banyak YouTubers pemula dan yang sudah mapan sekalipun.

Namun tuntutan tersebut jangan sampai membuat kita tertekan. Fokus saja untuk berbagi manfaat dengan para penonton, penghasilan akan mengikuti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here