counter customizable free hit

Setelah beberapa tahun Foldable Phone dari Samsung seakan tidak ada lawan, namun semakin ke sini ponsel lipat asal China mulai bermunculan. Yang terbaru ini datang dari vivo dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Galaxy Z Fold3. Sebelum ponsel lipat vivo, sudah ada juga pesaing Z Fold3 seperti Oppo Find N, Huawei Mate X2, atau ada juga Xiaomi Mi Mix Fold dan Honor Magic V. Namun baru Oppo Find N yang terlihat diminati khalayak pecinta gadget.

Nah, dengan datangnya Vivo X Fold, sepertinya agak mengarah pada semakin banyaknya orang yang akan menggunakan ponsel lipat. Faktornya adalah harga yang semakin terjangkau, spesifikasi kelas atas, serta desain yang ciamik dan familiar.

Bahkan desain Vivo X Fold ini mirip seperti Vivo X Note yang diluncurkan berbarengan. Bukan sesuatu yang buruk karena desain X Note juga terbilang cantik dan mevvah. Seperti apa spesifikasi dan fitur unggulannya?

LAYAR VIVO X FOLD

Inilah bagian paling penting dari sebuah ponsel lipat. Ketika dalam posisi terlipat, X Fold tampak seperti ponsel biasa dengan layar ukuran 6.53 inch jenis AMOLED. Baru ketika dibuka, bagian dalamnya terdapat layar ukuran 8.03 inch resolusi 1800×2200 piksel jenis LTPO2 AMOLED E5. Baik layar luar maupun dalamnya sama-sama mendukung HDR10+ dan memiliki refresh rate 120Hz.

Layar bagian dalamnya menggunakan SCHOTT UTG atau jika dipanjangkan adalah Ultra Thin Glass, Schott Manufactures Samsung’s UTG. Layarnya mendapatkan grade A+ dari Display Mate yang tentu artinya memiliki kualitas tampilan yang superb. Dengan dua layar, ternyata fingerprint sensornya juga ada dua namun menggunakan ultrasonic scanner.

Engsel yang digunakan adalah engsel dengan floating wing aircraft-grade yang membuatnya hampir menempel ketika sedang dilipat dan akan tetap terbuka pada sudut 60 dan 120 derajat.  Satu hal ini sudah unggul dibandingkan Samsung Z Fold3 yang ketika ditutup masih menyisakan gap cukup besar.

HARDWARE INTERNAL

Sebagai ponsel kelas atas dan termahal dari Vivo, tentu komponen penggeraknya tidak main-main. Chipset teratas dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1 disematkan dalam Vivo X Fold ini. Chipset tersebut dikombinasikan dengan memory sebesar 12 GB dengan dua pilihan kapasitas penyimpanan; 256/512 GB. Baterainya memiliki kapasitas 4600 mAh yang bisa dicharge dengan sangat cepat berkat dukungan charging 66W melalui kabel dan 50W secara wireless. Reverse charging secara wireless bisa dilakukan pada daya 10W. Jadi waktu charging melalui kabel dengan daya 66W ternyata bisa mengisi full baterai dalam waktu 37 menit saja.

KAMERA VIVO X FOLD

Seperti halnya chipset, kamera Vivo X Fold juga merupakan kelas flagship yang jika kita perhatikan ternyata relatif setara dengan X Note.

Kamera utamanya menggunakan resolusi 50MP dengan aperture f/1.9 dan OIS serta menggunakan sensor 1/1.57 inch dari Samsung. Lalu ada juga kamera zoom resolusi 12MP f/2.4 dengan focal length 47mm yang bisa melakukan zooming 2x. Kamera berikutnya adalah jenis periscope yang bisa zooming optical hingga 5x dan digital hingga 60x. Kamera satu lagi adalah ultrawide resolusi 48MP dengan aperture f/2.2 dan cakupan 114 derajat. Lalu fitur-fitur yang menyandang brand ZEISS antara lain texture portrait, motion capture 3.0, Zeiss super night scene, Zeiss nature color, dll.

Dengan dua layar, kamera selfie-nya juga ada dua, masing-masing untuk layar luar dan dalam.

OPERASI LAYAR LIPAT

Asyiknya layar lipat tentu karena bisa kita buka dan mendapatkan tampilan luas untuk menampung lebih banyak informasi pada layar.

Begitu juga pada Vivo X Fold, kita bisa tampilan dua aplikasi saling berdampingan untuk multitasking yang lebih mudah dan praktis. Floating windows tentunya juga bisa kita lakukan dengan lebih mudah berkat layar besarnya. Layarnya juga bisa membagi ketika kita merekam video dengan mode ponsel seperti huruf L atau menyiku. Mode ini juga memungkinkan kita meletakkan ponsel di permukaan rata untuk kemudian merekam video atau mengambil foto long-exposure sehingga hasilnya tidak ngeblur.

HARGA VIVO X FOLD

Terakhir, berapa harga jual ponsel lipat Vivo ini?

Untuk sementara, Vivo X Fold akan dijual secara eksklusif di China dengan banderol CY 8999 atau sekitar 20 juta rupiah. Tersedia tiga pilihan warna; Hitam, Biru, dan Grey.

Banderol tersebut lebih rendah dari banderol Galaxy Z Fold3. Sedangkan Vivo X Fold ini memiliki beberapa keunggulan yakni pada engsel yang bisa melipat hampir menempel, kamera yang lengkap seperti halnya kelas flagship, desain keren dengan finishing cover belakang ala kulit jeruk, serta panel kamera yang tampak pro.

Namun ada beberapa kekurangan juga jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold3 seperti kelengkapan software untuk mendukung multitasking, dukungan stylus pada layarnya, dan kesan pro yang lebih tinggi pada Z Fold3. Apapun pilihan kalian, jelas bahwa saat ini pilihan ponsel lipat semakin banyak dengan harga yang semakin terjangkau. Mungkinkah beberapa tahun ke depan orang akan beralih ke ponsel lipat? Kita tunggu saja.

Originally posted 2022-04-12 05:10:31.

Era Ponsel Lipat – Vivo X Fold Resmi Diluncurkan
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published.