counter customizable free hit

Bagi sebagian orang, kegiatan hiking atau mendaki gunung mungkin sudah menjadi agenda rutin tiap akhir bulan bahkan ada juga yang tiap minggu. Malah bagi yang kerja sebagai porter, tentu bisa hampir tiap hari.

Ada yang harus membawa peralatan seadanya, ada juga yang harus membekali diri dengan peralatan lengkap. Ya tidak ada salahnya untuk siap sedia menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa saja datang tiba-tiba dan tak diduga.

Nah kali ini elmuha akan bahas beberapa perlengkapan dan gadget buat nemenin kamu naik gunung atau sekedar hiking di kaki gunung juga mungkin butuh banget alat-alat ini.

1. GPS Genggam

Ada berbagai macam jenis GPS, dan yang cocok nemenin kamu buat hiking tentu yang jenis handheld alias GPS genggam ya. Merk juga cukup beragam namun ada satu yang populer banget adalah seri eTrex dari Garmin.

Pilihannya juga ada beberapa tipe mulai dari yang harganya di bawah 2 juta dengan tipe eTrex 10, hingga hampir 5 juta juga ada yakni tipe eTrex 32x.

Garmin eTrex 32x adalah salah satu yang terbaik. Teknologinya juga mudah digunakan dan mengandalkan satellites sehingga kita gak bergantung ke sinyal broadband. Jangan takut rusak akibat hujan, eTrex 32x dan seri lainnya sudah waterproof dan didesain tahan banting. Untuk pilihan GPS genggam Garmin lainnya, cek halaman resminya di sini.

2. Jam Tangan Pintar dengan GPS

Kamu mungkin sudah terbiasa dengan Smartwatch, tapi Fenix 7S Sapphire Solar bukan smartwatch biasa. Fiturnya sangat lengkap untuk menemani kamu hiking. Selain tracker untuk kesehatan tubuh, dia juga punya fitur untuk akses sattelite sehingga bisa jadiin jam tangan ini sebagai GPS juga. Lalu ada info tentang terrain, elevation, dan cuaca berkat built-in barometer, bikin kita selalu informed mengenai medan yang akan kita jelajahi. Pengisian daya baterai yang bisa melalui tenaga surya tentu semakin bikin tenang di alam bebas.

3. Head torch atau lampu senter kepala

Investasi pada lampu kepala sebagai senter tentu akan terbayar manfaatnya. Jangan sampai di tengah medan sulit saat malam hari, eh lampu kepala kita mati tiba-tiba, tentu akan sangat merepotkan bahkan bisa nyawa taruhannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih senter kepala, termasuk durabilitas, ketahanan terhadap cuaca, daya tahan bateri, kenyamanan tali pengikat, dll.

Nah, pilihannya beragam ya. Salah satu yang populer dan dikenal baik kualitasnya adalah merk Petzl Tikka yang harganya berkisar di 500 ribuan. Tapi harganya memang cukup tinggi ya, alternatifnya ada banyak senter kepala dengan harga di bawah 100 ribu, atau merk lokal yang kredibel banget di kalangan pendaki tentu ada senter kepala dari Eiger Headlamp (Axial Pro dan Apollo) dengan harga 200 ribuan (cek di sini).

4. Tripod Ringan

Ini khusus buat kamu yang pengen mendaki gunung dan mengabadikannya. Tripod meskipun merepotkan, namun worth it dengan fungsinya. Di atas, jika kamu membawa tripod maka kamu bisa mengambil foto timelapse, atau membuat video  yang membutuhkan kestabilan kamera. Meskipun sebaiknya pilih yang ringan, namun cari yang fitur-fiturnya lengkap termasuk adanya kaitan untuk menambah beban agar tidak tumbang terkena angin, bahan material yang baik, serta ukuran panjang yang lebih portable.

5. Portable Solar Charger

Alat ini khusus buat kamu yang gak bisa hidup tanpa gadget. Sedangkan gadget tentu butuh baterai yang selalu sedia. Selain power bank, kita bisa menggunakan alat pengisi daya yang menggunakan tenaga matahari namun bentuknya masih compact dan portable sehingga bisa digunakan saat camping atau bahkan saat hiking dengan menggantung solar charger ini di tas gunung.

Ada cukup banyak pilihan charger bertenaga matahari portable, namun kami rekomendasikan Anker PowerSolar Flex meskipun harganya memang tidak murah yakni 1,2 jutaan. Ukurannya masih tergolong portable dengan panjang maksimal 30 cm ketika dilipat serta bobot 1,1 kilogram.

6. Water Filter – Penyaring Air Siap Minum

 

Kalau kehabisan air minum, cara paling praktis namun aman untuk kesehatan badan kita adalah dengan menggunakan filter air. Satu merk yang sangat populer dan kredibel adalah LifeStraw. Untungnya mereka sudah punya toko resminya dengan pilihan berbagai model water filter, ada yang filternya saja, ada juga yang bentuk botol dengan filter. Kalian bisa kepoin produk-produk water filter dari LifeStraw di official store mereka di sini.

7. Phone Case Waterproof

Pengaman ponsel atau gadget kita tentu penting banget buat ngejaga barangkali kita menemukan kondisi yang mau gak mau bikin kita basah sedangkan belum ada tempat meneduh. Ada banyak pilihan case ponsel tahan air, kalian bisa kepoin di sini. Cari yang sudah punya review dan dibuktikan tidak tembus air ya.

8. Action Camera

Nah, gimana kalau kita butuh kamera yang bisa tahan di berbagai kondisi cuaca bahkan tahan air tanpa perlu khawatir dan tanpa perlu pakai case?

Maka jawabannya adalah Action Camera yang tahan air. Salah satu yang sudah sangat dikenal dan dipakai ribuan orang adalah Go Pro. Versi terbaru sudah generasi GoPro 10. Harganya memang gak murah, per detik ini saat artikel ditulis, harganya ada di 8,5 juta rupiah di toko resmi GoPro Indonesia di sini.

Nah itu dia 7 + 1 gadget dan alat-alat yang penting banget buat nemenin kamu melakukan kegiatan hiking. Tentu tidak semua harus dimiliki dan tidak harus juga membeli yang harganya paling mahal. Sesuaikan saja dengan budget dan perlengkapan yang teman hiking kita punya. Misal dalam satu grup sudah ada yang punya GPS, tentu kita bisa numpang juga, asalkan di gunung nanti jangan pernah terpisah ya.

Originally posted 2022-04-11 23:40:53.

8 Gadget Terbaik Buat Nemenin Kamu Hiking Naik Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published.