counter customizable free hit

Di antara produk tekno lainnya, entah kenapa elmuha sangat terobsesi dengan gadget penyimpan energi listrik dan pembangkitnya.

Mungkin karena kerjaan yang sangat menuntut sumber listrik, akhirnya bikin ketergantungan juga dengan listrik.

Terbukti setiap mati lampu dan baterai gadget habis, rasanya langsung stress. Apalagi kalau berhari-hari tanpa listrik ya? Mungkin lama-lama sih terbiasa.

Tapi makin ke sini teknologi pembangkit dan penyimpan energi listrik itu semakin canggih. 10 tahun lalu, hanya segelintir orang yang percaya bahwa mengisi baterai dengan kapasitas ribuan kilo watt bisa dicapai kurang dari 1 jam. Tambah lagi, baterai tersebut bisa membawa mobil hingga sejauh 400 kilometer.

Nah, selain teknologi penyimpan daya listrik yang puluhan ribu watt, teknologi canggih tersebut juga menular ke produk penyimpan daya listrik yang lebih terjangkau.

Teknologi pengisian cepat itu ternyata juga sudah dipakai di produk powerhouse atau power station yang akan kita bahas di daftar power station kapasitas besar terbaik yang tersedia di Indonesia berikut ini!

1. EcoFlow

Kalau udah ngomongin EcoFlow, rasanya langsung pengen jadi orang kaya biar bisa beli powerhouse mereka yang harganya mencapai 50 jutaan satu unit. Cukup beli dua unit saja; 100 juta rupiah. Apakah worth it?

EcoFlow memiliki jajaran power station atau power house yang sejatinya adalah baterai berkapasitas besar yang mampu menghidupkan alat elektronik hingga ribuan watt. Power station dengan kapasitas terbesar dari EcoFlow adalah tipe Delta Pro yang memiliki kapasitas 3600Wh seharga 54 jutaan, lalu lebih kecil ada Delta Max kapasitas 2016Wh harga 32 jutaan, Delta Max 1612Wh harga 27 jutaan, Delta 1260Wh harga 20 jutaan, River Pro 144Wh harga 17 juta, River Pro 720Wh harga 11 juta, River Max 576Wh harga 10,8 juta, River Mini 210Wh harga 5 juta, dan River + Extra battery 576Wh harga 10,5 juta.

EcoFlow River Mini

Dari semua tipe itu, yang paling kecil dan paling terjangkau adalah River Mini seharga 5 juta rupiah dan memiliki kapasitas 210Wh. Meskipun paling kecil, fiturnya lengkap dan sangat menarik. Bahkan ada wireless charger di bagian atasnya.

EcoFlow River Mini memiliki output 300W dan surge hingga 600W sehingga masih bisa menghidupkan misalnya blender 400W. Untuk peralatan yang watt-nya tidak sampai 300W tentu bisa dihidupkan dengan lancar seperti TV, lampu, proyektor, laptop, dll.

Pengisian baterainya juga sangat cepat, kurang dari satu jam untuk pengisian dari 0 ke 80% dan membutuhkan 96 menit atau 1,5 jam untuk pengisian penuh. Jumlah port yang banyak bisa memungkinkan untuk menyalurkan ke 7 alat sekaligus. Dengan baterai besar tersebut, bobotnya tentu tidak ringan namun bobot 3 kilogram tentu masih mudah untuk dijinjing atau untuk perjalanan.

Untuk gambaran seberapa lama power station atau power bank besar ini bertahan untuk menghidupkan alat elektronik, lihat gambar berikut:

EcoFlow Delta Pro

Nah kalau River Mini adalah yang terkecil dari EcoFlow, maka Delta Pro adalah yang terbesar. Kalau ingin yang lebih besar lagi, maka bisa tambahkan baterai yang dihubungkan ke Delta Pro sehingga kapasitasnya menjadi double, harga tambahan baterai dengan kapasitas yang setara ini sekitar 40 jutaan rupiah.

Lalu apa saja keunggulan Delta Pro ini?

Yang pertama, kapasitasnya yang super besar ternyata bisa diisi full hanya dalam waktu 1,9 jam. Lalu output daya juga sangat besar mencapai 3600W. Jika dipasangkan dua unit bisa mencapai 7200W. Dapat dipastikan semua peralatan elektronik rumah tangga bisa dicover semua dengan Delta Pro ini. Colokannya tersedia 5 outlet AC, sedangkan port DC, USB-A dan USB-C tersedia 6 ports.

Delta Pro juga bisa terkoneksi dengan WiFi dan Bluetooth untuk mengontrol melalui device ponsel kita.

Kelebihan lain adalah fleksibilitas dalam pengisian daya ke power station ini karena bisa mengkombinasikan dua sumber misalnya dari kombinasi antara outlet listrik rumah, panel surya, outlet di mobil, dan dari smart generator.

Namun daya yang super besar itu tentu membuat bobot power station ini juga cukup berat mencapai 45 Kilogram. Meskipun masih bisa dibawa bepergian, namun butuh sedikit effort untuk menaikkan atau menurunkan dari kendaraan. Jika sudah di tanah, kita bisa menarik dengan cukup mudah karena ada rodanya.

Satu lagi kelebihan EcoFlow Delta Pro adalah cycle baterai yang sangat panjang mencapai 6500 cycle kemudian kemampuannya akan berkurang 50% setelah cycle tercapai. Atau 3500 cycle ke 80%.

Untuk gambaran berapa lama kemampuan Delta Pro 3600Wh ini menghidupkan alat elektronik, kalikan saja angka-angka di bawah ini dengan angka 15-17 kali.

Jika menggunakan River Mini bisa menghidupkan proyektor 65W selama 2,4 jam, maka dengan Delta Pro 3600Wh bisa menghidupkan proyektor yang sama hingga 43 jam.

Tentu saja kapasitas baterai yang super besar ini harus ditebus dengan harga yang tidak murah sama sekali. Namun untuk Anda yang sangat bergantung ke listrik dan butuh power station untuk dibawa camping yang jauh dari sumber listrik, atau perlu listrik besar tanpa bising karena suara genset, maka bisa investasi ke Power Station dari EcoFlow ini. Alternatif yang lebih murah tapi berisik dan butuh BBM, bisa gunakan saja generator dengan harga jauh lebih terjangkau.

2. Anker, Orico, Yoobao, Vivan, Acome

Kita lanjut ke part 2.

Originally posted 2022-04-12 02:37:02.

Power Bank/ Power Station Consumer Kapasitas Terbesar di Indonesia
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published.