counter customizable free hit

“Semua transaksi bisa di satu dompet digital DANA”

Slogan aplikasi DANA begitu berani menjanjikan bahwa semua transaksi bisa dilakukan hanya dari aplikasi DANA, benarkah? Mari kita lihat dulu isi dari Aplikasi DANA ya.

Di aplikasi DANA, kita bisa apa saja?

  • Beli pulsa dan data internet dengan harga relatif lebih murah dibanding banyak layanan lainnya. Untuk nilai 15 ribu ke atas, harganya sama dengan nominal pulsa bahkan lebih rendah mulai dari nominal 100 ribu.
  • Bisa cari voucher diskon untuk transaksi di merchant partner sekitar kita.
  • Pembayaran delivery.
  • Cari bisnis di sekitar kita yang menerima pembayaran melalui DANA
  • Akses PeduliLindungi
  • Akses MySmartfren
  • Kumpulin points DANA
  • Bagi-bagi hadiah saldo DANA ke banyak teman
  • Bisa cashout saldo
  • Bisa membagi tagihan bill
  • Bisa transfer saldo lewat chat
  • Bisa transfer saldo ke rekening bank
  • Bisa bayar di E-Commerce seperti JD, Shopee, dan Tokopedia
  • Bisa wthdraw cash di ATM BCA (Cardless) (biaya admin Rp 4500)
  • Bisa Bayar-bayar tagihan dan beli-beli, termasuk;
    – Listrik
    – Air PDAM
    – Mobile Postpaid
    – Telkom
    – PGN Gas
    – Internet dan TV kabel
    – Cicilan di berbagai perusahaan pembiayaan
    – Bayar kartu kredit
    – e-Samsat
    – Bayar biaya pendidikan
    – Bayar pajak
    – Bayar PBB di beberapa provinsi
    – Bayar BPJS Ketenagakerjaan
    – Beli item digital
    – Beli voucher produk digital
    – Beli voucher game
    – Beli akun premier Vidio
    – Jual-Beli eMAS
    – DANA untuk bisnis
    – Layanan Bank
    – Top Up E-Money
    – Bayar DANA Siaga
    – Bayar asuransi
    – Bayar BPJS Kesehatan
    – Sedekah di Dompet Dhuafa dan DANA Donasi
    – Bayar parkir
    – Beli tiket kereta api
    – Belanja di Lazada dan Happy Fresh
    – Lihat info tentang Covid-19.

WOW!!! Banyak juga ya yang bisa dilakukan di aplikasi DANA. Bahkan sebagiannya saya agak kaget dan takjub, seperti adanya fitur yang bisa tarik tunai di ATM BCA, bahkan bisa masuk layanan lain di Aplikasi DANA.

Sungguh ambisi yang sangat besar ya.

Sayangnya, gara-gara layanan yang banyak banget itu, sepertinya berdampak serius ya pada keasyikan menggunakan DANA yang akan kita bahas di bagian kekurangan aplikasi DANA.

Jadi ngomongin kelebihan Aplikasi DANA, maka…

Fitur keamanan juga bisa diandalkan
  • Tersedia voucher diskon dan cashback untuk macam-macam transaksi
  • TOP UP gratis, at least dari M-Banking BCA.
  • Ada gratis transfer antar bank sampai 10x per bulan, tapi per Maret 2022 tidak ada keterangan maksimum 10x ya, apakah sudah gratis unlimited?
  • Harga pulsa termasuk murah ya, bisa jualan pulsa juga hanya pakai aplikasi DANA, manfaatin voucher juga.
  • Jarang crash, bahkan saya belum pernah merasakan crash saat sedang akan transaksi di aplikasi DANA.
  • Bisa macem-macem transaksi, bikin saya takjub jujur saja ya.

Ambisi aplikasi DANA untuk menyediakan berbagai transaksi hanya dari satu aplikasi tentu merupakan ambisi yang sangat besar, bahkan terlalu besar bisa jadi. Pada akhirnya, banyak pengguna yang tetap membandingkan dengan aplikasi lain biasanya.

Lalu apa Kekurangan aplikasi DANA?

Menggunakan ponsel android dengan score AnTuTu 300 ribuan, ternyata ada sedikit LAGGY atau ngelag dikit-dikit, seperti tersendat ketika scrolling atau membuka beberapa fiturnya.

Ini sepertinya efek negatif dari banyaknya fitur yang disematkan ke dalam Aplikasi DANA ini ya. Semoga ke depan bisa lebih ringan. Jujur saya lebih menyukai aplikasi yang ringan dan TERFOKUS fiturnya dibanding terlalu banyak dan bikin gak nyaman.

Namun sepertinya rata-rata perusahaan keuangan memang memasukkan berbagai fitur dan layanan ke aplikasi mereka agar pengguna lebih merasa CUKUP hanya dengan 1 aplikasi. Dengan adanya berbagai fitur dalam satu aplikasi, pengguna juga bisa lebih leluasa untuk memanfaatkan saldo di Aplikasi DANA.

Apalagi DANA bisa dipakai untuk tarik cash di ATM, tentu ini sebuah fitur yang sangat langka di kancah persaingan aplikasi finance.

Karena itu, elmuha mengapresiasi penambahan fitur-fitur keren ini. Hanya saja, berharap ke depannya aplikasi DANA bisa dibuat lebih seamless gak pakai lag walaupun sebenarnya tipis-tipis saja gangguannya.

Kekurangan berikutnya adalah, SULITNYA VERIFIKASI untuk upgrade akun DANA ke premium.

Saya pikir ini hanya di saya yang memang eKTP-nya ada sedikit garis akibat terlalu lama di dompet berbahan kulit sintetis. Namun saya lihat di banyak review ternyata tidak sedikit yang mengalami kesulitan dalam proses verifikasi data.

Untuk kekurangan ini, harapan elmuha tentu agar aplikasi DANA bisa memudahkan tanpa mengorbankan keamanan. Misalnya dengan fitur tambahan untuk upload dokumen pelengkap seperti SIM, atau lainnya.

Kekurangan berikutnya sebenarnya relatif yakni pilihan voucher diskon atau cashback yang lebih terbatas merchant-nya. Hal ini tentu hal wajar karena belum ada aplikasi yang sangat lengkap menyediakannya.

Kekurangan lain masih relatif wajar juga, misalnya saldo Pulsa dengan nominal tertentu tidak tersedia. Namun setelah beberapa jam akan kembali tersedia.

Nah, jadi kesimpulannya, aplikasi DANA sangat saya rekomendasikan untuk anda yang membutuhkan satu aplikasi yang bisa banyak hal. Yang saya sukai sebenarnya karena tidak ada biaya Top Up, harga pulsa juga relatif murah, serta belum pernah mengalami gangguan berarti saat bertransaksi seperti bayar BPJS, dll.

Fitur lain yang saya sukai juga dari aplikasi DANA antara lain transfer antar bank gratis, tarik tunai di ATM BCA (bisa bertambah bank ke depannya), dan beberapa lainnya. Yang jelas, aplikasi DANA saat ini menjadi aplikasi favorit untuk bayar-bayar, sampai nanti ada yang lebih cocok untuk kebutuhan pribadi.

Originally posted 2022-03-22 16:46:46.

Kelebihan & Kekurangan Aplikasi DANA – Lengkap Banget TAPI….

Leave a Reply

Your email address will not be published.