counter customizable free hit

Banyak orang membandingkan aplikasi Telegram dengan layanan komunikasi terbesar saat ini; WhatsApp. Padahal, ada banyak fitur di Telegram yang tidak ada di WhatsApp.  Membandingkan Telegram harus dengan beberapa aplikasi. Gak cukup hanya dengan WhatsApp.

Dirilis pada Agustus 2013, kini pengguna aktif Telegram sudah mencapai 400 juta per bulan. Namun angka tersebut jelas masih di bawah WhatsApp yang konon mencapai lebih dari 2 milyar pengguna aktif bulanan.

Meskipun kalah dalam hal jumlah pengguna, sebenarnya Telegram unggul di banyak hal.

Untuk mengenal lebih dalam lagi, berikut adalah fitur-fitur dan trick yang bisa diaplikasikan saat menggunakan aplikasi Telegram.

1. Penyimpanan Online Tak Terbatas, Gratis!

Banyak yang belum tau kalau kita bisa menyimpan berbagai file asalkan tidak lebih dari 1.5 GB per file di Telegram. WhatsApp tentu gak bisa lakuin ini. Bahkan fitur penyimapanan di Telegram lebih fantastik dibandingkan Google Drive.

Kadi kalau kalian butuh cloud storage yang praktis, bisa diakses dari berbagai device dengan menggunakan Telegram, unlimited, gratis, pakai apa sih yang lebih mantap dibanding Telegram?

Nah, dalam penggunaan realnya, saya biasa menggunakan fitur ini untuk memindahkan file secara instan dari HP ke laptop. Koneksi internet saat ini bahkan lebih kencang dibanding Bluetooth. Sehingga memindahkan file dari ponsel ke laptop atau dari laptop ke ponsel, bisa saya lakukan di Telegram dengan mudah dan cepat.

Caranya, tentu kalian pasang aplikasi Telegram di ponsel. Lalu buka juga Telegram di laptop, bisa menggunakan browser melalui web.telegram.org atau aplikasi Windows, download di sini: https://desktop.telegram.org/

Nah, ke mana kita menyimpan?

Simpanlah di Saved Massage. Di situ kita bisa menyimpan berbagai format file atau sekedar info-info dalam bentuk text juga bisa.

2. Membuat Channel

Berbeda dengan Group, Channel di Telegram tidak memiliki batas pengguna yang join atau subscribe. Yang bisa posting content juga hanya admin channel.

Fitur ini sangat membantu untuk Anda yang ingin menyebarkan informasi secara luas kepada kelompok tertentu dengan mudah. Kita juga bisa share berbagai format informasi seperti text, gambar, ataupun video ke channel.

Di dalam channel juga kita bisa membuat polling jika kita ingin mengumpulkan data informasi tertentu.

3. Mengirim file media tanpa terkompres

Di WA juga bisa, namun di Telegram jauh lebih mudah dan thumbnail bisa terlihat jelas.

Dalam contoh di nomor 1, misalnya saya ingin menyimpan video asli dengan ukuran asli 250 MB dari rekaman ponsel. Lalu saya ingin akses dari laptop dengan resolusi dan kualitas yang sama, maka fitur Uncompressed di Telegram ini akan sangat membantu.

Caranya juga sangat mudah, ketika kita akan menyisipkan file, klik di menu titik 3, lalu pilih Send without compression.

4. Membuat API

Ini khusus buat yang paham saja ya. Jadi developer yang ingin membuat bot di Telegram, itu bisa menggunakan API secara gratis. Tersedia Bot API untuk membangun program yang menggunakan interface Telegram. Ada juga Telegram API yang bisa dipakai untuk membuat clients yang bisa dikustomisasi sendiri.

5. Menambah Contact dari Pengguna di Sekitar

Telegram memiliki fitur yang mirip seperti Friend Finder. Jika kita buat contact kita Visible atau terlihat, maka orang lain bisa melihat nama dan profile kita ketika membuka fitur People Nearby ini.

Bukan hanya contact personal, namun kita juga bisa mencari group lokal Telegram sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya group belajar di desa kita, atau group-group lainnya.

6. Menggunakan Username, bukan Nomor HP

Satu lagi yang jebat dari Telegram, kita bisa join group tanpa harus menampilkan nomor HP kita. Cukup username maka orang lain bisa mencari contact kita dengan mudah tanpa harus tau nomor HP.

Yang perlu kita lakukan agar memiliki pengenal unik adalah dengan membuat username di menu pengaturan-Bio.

7. Kirim Pesan yang Dijadwalkan

Fitur penting bagi sebagian orang yang harus mengirim pesan di waktu atau tanggal tertentu tapi takut lupa.

Telegram punya fitur untuk mengirim psan namun kita atur jadwal terkirimnya. Caranya ketika akan mengirim pesan, tahan di tombol kirim, lalu pilih Schedule Message. Fitur ini juga bisa berfungsi ketika kita mengirim ke Saved Massage.

Bahkan Telegram juga punya fitur untuk mengirim pesan tanpa ada suata notifikasi di HP Penerima. Ini tentu sangat berguna jika kita tidak ingin mengganggu penerima pesan kita, dengan kondisi ketika pesan kita memang tidak urgent.

Nah selain 7 fitur keren di atas, sebenarnya masih ada banyak fitur Telegram dan trick dalam menggunakannya. Fitur-fitur lain di antaranya:

  • Mengedit foto sebelum kita kirim.
  • Self destruct untuk menghapus pesan. Caranya dengan menggunakan fitur Secret Chat, pilih waktu maksimum untuk penghapusan pesan.
  • Mematikan sesi aktif di device lain. Ini berguna misalnya HP ada di tangan orang lain lalu kita tidak ingin dia membaca pesan di Telegram, maka kita bisa akses Telegram melalui laptop atau device lain, lalu terminate active session di pengaturan Privacy dan Security.
  • Menghapus Cache dan local database. Untuk membersihkan ponsel kita dari file-file yang sudah tidak kita butuhkan, kita bisa hapus data lokal, namun data di Telegram akan tetap tersimpan aman.
  • Auto download dan auto-play media.
  • Menyembunyikan Last Seen dari orang-orang tertentu secara spesifik.
  • Drafts pesan. Jika kita belum selesai mengetik, lalu harus melakukan hal lain, maka pesan yang sudah diketik akan tersimpan dalam bentuk draft.
  • Custom folders. Kita bisa membuat folder untuk menggabungkan chat-chat ke dalam beberapa kategori.
  • Mengatur tampilan theme.  Kita bisa atur tampilan pesan sesuai selera.
  • Sharing location. Bukan fitur aneh di zaman ini. Di Telegram juga beberapa orang bisa share location di group.
  • Mengunci percakapan di Telegram. Jika kita tidak ingin ada yang membuka obrolan di Telegram, buat saja kode sandinya.
  • Keep-Alive untuk memastikan Telegram selalu berjalan di belakang. Ini biasanya berguna jika kita menggunakan aplikasi cleaner atau battery saver.
  • Mengedit pesan yang sudah dikirimkan. Akan ada keterangan bahwa pesan sudah diedit.
  • Mengaktifkan Slow Mode di grup ketika terlalu banyak chat yang masuk.

Nah itu dia fitur-fitur Telegram yang sangat membantu aktivitas sehari-hari kita, bahkan yang tidak berhubungan dengan komunikasi dan sosial.

Jika menurut kalian fitur-fitur di atas terlalu membingungkan, maka coba saja sedikit demi sedikit, satu demi satu fitur, lama-lama kalian akan terbiasa dan merasakan manfaat banyak dari aplikasi Telegram.

Originally posted 2022-03-18 23:23:12.

Fitur Aplikasi TELEGRAM Jauh Lebih Canggih dari WhatsApp, Apa Saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published.