counter customizable free hit

Jika mencari penyimpanan dengan kapasitas besar namun harga terjangkau, tentu pilihannya adalah Hard Disk Drive atau HDD. Namun jika membutuhkan kecepatan yang lebih baik serta pilihan kapasitas beragam hingga ukuran Terrabyte, ditambah lebih tahan banting karena tidak menggunakan piringan yang berputar seperti HDD, maka tentu kita harus pilih jenis penyimpanan SSD.

Apalagi sekarang SSD sudah bertransformasi menjadi lebih kecil dengan jenis NVMe, sehingga ukuran SSD eksternal pun menjadi kian compact ukurannya.

Nah jika kalian sedang mencari SSD eksternal dengan merk kredibel, berikut adalah pilihannya diurutkan dari harga termurah. Perbandingan harganya disamakan untuk kapasitas di kisaran 500 GB.

Pilihan SSD Eksternal Portable 2022

1. ADATA SSD External Portable (SE760)

Sejak dulu ADATA dikenal bisa memberikan fitur yang baik namun dengan harga lebih terjangkau. Begitu juga dengan SSD external berkose SE760 ini memiliki kecepatan baca/tulis yang diklaim 1000/800 MB/s.

Sudah cukup tinggi untuk SSD eksternal yang harganya bisa di bawah merk lainnya ini. Namun tentu ada kekurangan juga dibanding SSD yang lebih tinggi harganya.

Bentuk SSD portable dari ADATA ini sangat compact dengan bobot hanya 95 gram.  Koneksinya menggunakan USB Type-C serta mendukung beragam OS; Windows, Mac OS, Linux, hingga Android.

Jangan khawatir soal ketahanan juga karena ADATA memberikan garansi 3 tahun untuk SSD ini. Tersedia ukuran 256 GB dengan harga 700 ribu rupiah, 512 GB dengan harga 1 jutaan, dan 1 TB harga 1,8 jutaan rupiah.

2. SanDisk Portable SSD E30

Ini adalah seri basic dari jajaran SSD dari SanDisk, jika anda membutuhkan kecepatan baca/tulis lebih tinggi, bisa pertimbangkan SanDisk Extreme dan Extreme Pro.

Kecepatan SSD eksternal SanDisk E30 ini mencapai 520MB/detik untuk baca dan untuk tulis tentunya lebih rendah dari angka tersebut. SSD portable SanDisk juga diselimuti case yang durable dan tahan banting serta tahan air dan debu dengan sertifikasi IP55.

Bobotnya pun sangat ringan; 39 gram saja. Dengan interface USB 3.2, SSD eksternal ini kompatibel dengan OS Windows maupun Mac. Kekurangan seri ini adalah belum menggunakan USB Type-C. Harga untuk kapasitas 480 GB ada di angka 1,27 juta rupiah. Garansinya setara ADATA yakni 3 tahun.

3. SanDisk Extreme Portable SSD E61

Nah dengan menambah budget 200 ribuan, maka kita bisa mendapatkan SSD eksternal SanDisk dengan kecepatan baca/ tulis lebih tinggi hingga 1050/875 MB/detik. SanDisk E61 ini juga sudah menggunakan port USB Type-C.

Ukurannya setara dengan E30 dengan bobot yang juga hanya 39 gram. Tentu saja sama-sama tahan air dan debu serta tahan benturan dan getaran. Dengan ukuran 500 GB, banderolnya ada di angka 1,4 jutaan rupiah. Garansinya juga 3 tahun.

4. Western Digital My Passport SSD External

Diklaim bahwa kecepatan baca/tulis SSD portable dari WD My Passport ini mencapai 1050/1000 MB/detik. Cukup impresif. Banderol harga untuk kapasitas 500 GB ada di angka 1,4 juta rupiah.

Interface yang digunakan sudah USB-C dan mendukung OS Windows dan Mac OS. Untuk OS lain juga didukung dengan melakukan reformatting terlebih dahulu. WD membrikan garansi 5 tahun untuk SSD portable mereka.

5. Transcend External SSD ESD370C

SSD ini berasal dari Taiwan dan tersedia ukuran 250 GB dengan harga 1 jutaan, 500 GB dengan harga 1,5 juta, serta kapasitas 1 TB seharga 2,3 jutaan. Ada garansi resmi lokal hingga 2 tahun.

Ukuran SSD portable dari Transcend ini juga cukup compact dengan bobot 87 gram. Menggunakan interface USB Type-C, kecepatan baca/tulisnya diklaim mencapai 1050/950 MB/s. OS yang didukung juga mencakup Windows dan Mac OS.

6. Samsung SSD Portable T7

SSD eksternal dari Samsung dengan kode T7 ini memiliki kecepatan baca/tulis yang diklaim mencapai 1050/1000 MB/s. Interfacenya menggunakan USB Type-C.

Dengan kapasitas 500 GB, banderolnya berada di angka 1,42 juta rupiah. Tersedia juga versi 1 TB seharga 2,3 juta dan masih ada versi 2 TB yang tentu lebih tinggi lagi harganya hingga lebih dari 4 juta rupiah. Ada garansi hingga 3 tahun dari Samsung.

Body luarnya terbuat daru bahan metal yang ringan dengan bobot 58 gram saja. SSD ini diklaim bisa menahan benturan saat terjatuh dari ketinggian 2 meter.

Dukungan OS yang kompatibel mencakup Windows, Mac, Android, Gaming Console, dll.

7. Seagate New One Touch External SSD

Berdesain boxy, SSD portable dari Seagate ini menggunakan interface USB Type-C dan memiliki kecepatan transfer hingga 1030 MB/s. Seagate juga menyediakan aplikasi backup Android. Selain itu, SSD ini juga didesain Shock Resistant sehingga lebih tangguh dari benturan.

Dengan kapasitas 500 GB, banderol harganya ada di angka 1,56 juta rupiah. Tersedia garansi hingga 3 tahun dari Seagate Rescue.

8. SSD Portable Kingston XS2000

Ini adalah jagoan di edisi kali ini dengan kecepatan baca/tulis mencapai 2000 MB/detik. Impresif.

Ukurannya sangat compact bahkan mendekati ukuran flash disk dengan bobot 29 gram saja. Interface tentu menggunakan USB Type-C. SSD dilindungi dengan lapisan karet yang tahan air dan debu IP55.

Dengan kapasitas 500 GB, harganya mencapai 1,69 juta rupiah dan masih ada versi hingga 2TB. Ada garansi 5 tahun untuk memberikan kenyamanan ekstra.

Nah itu dia 8 pilihan SSD eksternal dan portable terbaik dari 7 merk berbeda. Semuanya memiliki spesifikasi yang bisa diandalkan. Untuk memilih yang terbaik untuk anda, maka sesuaikan dengan budget, kebutuhan, serta selera pada desainnya.

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu. 

Originally posted 2022-03-15 08:43:40.

8 Pilihan SSD External Portable Terbaik 2022
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.