counter customizable free hit

Meskipun 10 tahun lalu banyak yang bilang bahwa laptop akan punah karena akan digantikan Tablet, ternyata tidak semudah itu untuk menyingkirkan laptop.

Bagi sebagian besar orang, ternyata mereka tidak bisa memilih salah satu antara laptop atau tablet, harus keduanya. Kecuali tablet yang didesain sefungsional laptop, seperti yang akan masuk dalam daftar 3 laptop paling impian di bawah ini.

Kenapa saya memasukkan komputer yang katanya masuk dalam jenis tablet, karena seperti yang dikatakan di atas, sejak awal memang didesain untuk dijadikan sefungsional laptop. So, inilah 3 laptop terbaik yang layak jadi impian versi elmuha!

1. MacBook Pro 16 M1 Max

Jika gak bahas soal fungsi touchscreen atau engsel 360 derajat, maka saya bisa katakan bahwa inilah laptop terbaik saat ini.

IMG : TheVerge

Semua aspek dari sebuah laptop dibabat habis oleh MacBook Pro 16 dengan chipset M1. Layar superb, performa super kencang, speaker dan mic terbaik dari semua laptop yang ada, serta tentu saja desainnya yang bikin nangis. Yup, nangis karena keren banget tapi belum mampu memilikinya. Seperti anak kecil yang minta dibeliin mainan tapi tidak kunjung dibelikan.

Bobot MacBook Pro 16 juga relatif masih ringan untuk spek yang dibawanya, 2 Kg saja. Oh iya, di atas belum disampaikan bahwa daya tahan baterainya juga panjang banget, menimbang kualitas dan ukuran layar besar serta performa kelas atasnya.

Jika ada satu kekurangan, maka itu adalah notch tempat kameranya berada. Gatal sekali melihatnya. Tapi dari komentar yang sudah menggunakan beberapa hari, lama-kelamaan jadi tidak terlihat alias kita akan abai bahwa ada notch di situ.

Harga termurahnya mulai dari 40 jutaan rupiah, tidak murah namun bagi profesional, banderol tersebut menjadi sangat worth it menimbang spesifikasi dan fitur yang superb banget.

2. Asus ROG Flow Z13 GZ301 2022

Versi dan seri ini baru saja meluncur di gelaran CES 2022 kemarin. Namun secara desain sebenarnya sudah hadir sejak Intel generasi ke-9. Yes, ROG Flow Z13 ini seperti versi mini dari Mothership namun di beberapa aspek malah lebih baik.

Jadi ini adalah tablet! Tapi rasanya seperti terlalu ringan ya. Saya lebih suka menyebutnya laptop convertible yang seperti tablet. Layarnya touchscreen dan mendukung penggunaan Stylus yang kompatibel dari Asus.

Konsepnya seperti Microsoft Surface Pro, namun ROG FLow Z13 ini lebih gahar dan didesain buat gaming. Tapi tentu saya memasukan ini bukan untuk gaming saja, melainkan untuk olah gambar, video editing, dan aktivitas produksi lainnya.

Saat ini ada 3 varian yang dibedakan oleh beberapa komponen seperti resolusi dan kecepatan layarnya, graphics card, prosesor, serta kapasitas penyimpanannya. Sektor lainnya relatif setara. Harganya mulai dari 23 jutaan untuk versi termurah di mana tidak memiliki dedicated graphics card dan menggunakan Intel Core-i5.

3. Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Sebenarnya semua laptop seri ThinkPad dari Lenovo itu impian, namun tentu kita harus pilih salah satunya saja.

Di atas sudah ada MacBook Pro 16 yang berdesain laptop klasik, bukan touchscreen dan bukan convertible. Lalu ada ROG Flow Z13 yang merupakan tablet versi gahar namun bisa dijadikan seperti laptop dengan memasangkan keyboard-nya.

Maka untuk pilihan ketiga, saya akan pilih laptop dengan jenis convertible yang bisa dijadikan tablet dengan layar touchscreen yang mendukung Stylus. Bahkan Stylus ini disematkan ke dalam body ThinkPad X1 Yoga ini sehingga tidak mudah hilang.

Kelebihan ThinkPad series tentu saja ketahanannya terhadap berbagai kondisi. Material body-nya tangguh dan didesain tahan banting dan suhu ekstrim. Tidak terkecuali pada ThinkPad X1 Yoga ini. Selain itu, bobot totalnya juga relatif ringan serta memiliki daya tahan baterai yang panjang mencapai lebih dari 10 jam sehingga cocok sekali digunakan untuk menemani perjalanan.

Soal kelemahan mungkin ada pada banderol harganya yang tidak murah sama sekali. Meskipun sebenarnya ada banyak varian dan versi terendahnya mulai dari 16 jutaan, namun varian yang dijual di Indonesia saat ini masih varian tingginya sehingga banderolnya ada di 36 jutaan.

Ketiga laptop (+Tablet) di atas memiliki fungsi yang agak berbeda walaupun satu sama lain sebenarnya masih bisa saling substitusi.

MacBook Pro 16 akan sangat cocok untuk para creator baik pemula maupun profesional. Kemudian Lenovo ThinkPad X1 Yoga lebih tepat digunakan untuk kebutuhan bisnis yang lebih formal sehingga butuh keamanan yang lebih baik dibanding laptop lainnya. Sedangkan Asus ROG Flow Z13, seperti namanya, dia dibuat untuk para gamers dan penikmat hiburan.

Tidak lantas MacBook Pro 16 tidak bisa dipakai untuk gaming dan bisnis. Bukan juga bahwa Asus ROG Flow Z13 tidak bisa dipakai untuk produktivitas dan bisnis. Bahkan ThinkPad X1 Yoga pun masih bisa dipakai untuk gaming ringan dan video editing.

Nah itulah 3 laptop impian yang superb banget sampai bikin nangis karena pengen tapi belum saatnya memiliki.

Jika anda punya budget-nya, tidak salah untuk investasi di hardware terbaru agar produktivitas bisa semakin naik dan juga semakin efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.

Originally posted 2022-03-14 12:43:00.

3 LAPTOP IMPIAN TERBAIK 2022 – Bikin Pengen Banget!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.