counter customizable free hit

Content creator khususnya YouTuber saat ini sudah menjadi karir yang layak untuk diperjuangkan oleh banyak orang. Bermodalkan HP, sebenarnya kita sudah siap untuk menjadi YouTuber besar. Namun jika ingin mendapatkan kualitas lebih baik, maka investasilah pada beberapa gadget dan aksesoris berikut:

1. Kamera dengan hasil video yang berkualitas, HP pun bisa!

Tidak semua kamera memiliki fitur pada mode video yang bis diandalkan. Bahkan kamera dengan harga belasan juga pun tidak semuanya didesain untuk merekam video.

Apalagi jika kita mengandalkan HP, maka carilah HP yang kualitas videonya memuaskan. Tidak semua kamera HP dengan resolusi tinggi bisa menghasilkan video yang tajam dengan autofocus yang cepat.

Untuk itu jika kalian akan membeli HP, bandingkan terlebih dahulu kualitas gambar pada mode videonya. Kalian bisa memanfaatkan fitur membandingkan kualitas hasil video di web GSMArena atau lainnya.

Jika budget terbatas, tidak perlu memaksakan diri untuk membeli HP kelas atas karena di era saat ini, HP harga di bawah 5 juta juga sebagian sudah bisa menghasilkan kualitas video yang sangat baik bahkan bisa diadu dengan ponsel seharga 3x lipatnya, tapi dalam kondisi yang sama-sama terang ya.

2. Microphone Eksternal

Ada yang lebih penting dari kualitas video, yaitu kualitas suaranya. Tidak perlu yang setara hasil studio, cukup microphone yang bisa menghasilkan suara jelas dan minim noise. Ada beberapa jenis microphone untuk ngevlog atau membuat video YouTube.

4 jenis microphone paling banyak digunakan oleh YouTuber yaitu:

  • Wireless Microphone : Ada beberapa pilihan recommended seperti Rode Wireless GO II, Saramonic Blink 500 Pro, DJI Mic, atau yang lebih terjangkau ada pilihan dari merk BOYA.

  • Condenser Mic : Mic jenis ini biasa digunakan di video YouTube ala podcast seperti misalnya dalam Podcast Deddy Corbuzier, mic yang dipakai adalah jenis condenser dengan tipe Shure SM7B, harganya tentu jutaan rupiah. Ada banyak pilihan lebih terjangkau misalnya Rode Podmic yang mulai banyak dipakai oleh YouTuber, harganya 1 jutaan rupiah.
Podmic
  • Lavalier Mic : Mic jenis ini sudah banyak dipakai karena kemudahannya, praktis dan hampir tidak membutuhkan pengetahuan khusus. Hasil suara mic lavalier bahkan yang harganya murah pun masih sangat baik dan jelas suaranya. Mic lavalier dari Rode juga sangat recommended, dijual dengan harga mulai 800 ribuan.

  • Shotgun Mic : Mic jenis ini cocok jika kalian memiliki camera-man sehingga bisa mengontrol ke mana arah mic-nya. Mic jenis ini juga sering dipakai oleh YouTuber yang melakukan streaming. Mic shotgun termurah bisa didapatkan dengan harga 250 ribuan seperti BOYA BY-MM1.

3. Lighting

Penerangan sangat dibutuhkan oleh YouTuber jika ingin mendapatkan kualitas video yang berkelas. Tidak perlu  mahal. Jika kita tau bagaimana memposisikan lampu maka hasil video juga bisa menjadi sangat berkarakter.

LED lighting yang paling terjangkau dan recommended bisa mulai dari Ulanzi 49 LED, Vl120, atau VL200. Jika ingin mendapatkan kualitas yang profesional, maka bisa investasi ke penerangan yang lebih advance, misalnya menggunakan lampu dari Godox.

4. Gimbal

Meskipun hampir semua smartphone kelas menengah-atas sudah dibekali Electrical Image Stabilization yang berfungsi untuk menstabilkan video, namun penggunaan gimbal bisa memberikan kualitas video yang lebih natural.

Harga gimbal untuk ponsel masih cukup terjangkau, sedangkan gimbal kamera bisa menuntut budget yang lebih besar. Jika aktivitas membuat konten lebih banyak posisi diam, maka gimbal tidak terlalu dibutuhkan. Lagipula, kualitas video dengan EIS tidak seburuk itu.

5. Tripod

Di pasaran ada banyak pilihan tripod dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Idealnya jika kalian ingin agak serius menekuni dunia YouTube, maka investasilah pada tripod harga minimal 200 ribu agar kualitas tripodnya kokoh dari terpaan angin atau senggolan badan. Tripod terjangkau dari merk Takara sudah bisa berfungsi dengan sangat baik, bahkan tripod Weifeng harga 60 ribuan pun sebenarnya sudah sangat mencukupi.

6. Splitter

Alat ini adalah alat mungil untuk memisahkan antara audio output dengan input dari sebuah audio jack 3.5mm di ponsel.

Ada sebagian mic lavalier yang hanya bisa berfungsi jika menggunakan splitter. Namun mic harga ratusan ribu biasanya sudah dilengkapi dengan kabel yang bisa langsung dicolokkan ke HP tanpa splitter.

Splitter juga berguna jika kita ingin menggunakan mic external sambil kita monitor menggunakan headphone. Atau ingin melakukan voice over dan langsung diedit sehingga tidak perlu memasang dan melepas headphone ke audio jack-nya.

7. Tongsis/ Monopod

Selain tripod, jika kita merekam video ala vlogging, kadang kita membutuhkan sudut tangkapan lebi luas sehingga penggunaan tongsis atau selfie stick bisa sangat membantu.

Jenis selfie stick yang sudah dilengkapi remote bluetooth tentu lebih memudahkan lagi. Begitu juga tongsis yang memang didesain untuk ngevlog.

Jika kalian menggunakan ponsel untuk membuat video YouTube, manfaatkan holder U yang memiliki Hot shoe sehingga kita bisa memasang LED lighting atau microphone dengan lebih mudah.

8. Komputer/ Laptop dengan Dedicated Graphics Card

Selain kamera, maka kita butuh alat untuk mengedit video yang kita rekam. Kecuali jika kalian merekam video menggunakan HP dan ingin mengedit menggunakan HP juga, maka komputer PC atau laptop tidak terlalu dibutuhkan.

Jika kalian akan menggunakan laptop untuk mengedit video, maka pilihlah yang prosesornya minimal Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5, dengan graphics card mandiri. Meskipun on board graphics card juga bisa mencukupi untuk edit video, namun dengan adanya dedicated graphics card seperti NVIDIA GeForce MX350, bisa meningkatkan efisiensi dalam mengedit dan merender video yang diedit. Harganya memang tidak murah, namun spesifikasinya juga sangat membantu kita dalam memproduksi video berkelas.

Namun jika budget tidak memungkinkan, banyak YouTuber yang sukses hanya bermodalkan HP untuk merekam video dan untuk mengedit videonya. Jika harus menggunakan laptop, maka bisa juga membeli laptop bekas atau PC Desktop bekas dengan prosesor dan graphics card yang tangguh.

Selain ragam gadget di atas, tentu gadget lain akan sangat dibutuhkan jika konten yang kalian buat memang membutuhkan alat tertentu. Misalnya kalian yang ingin membuat konten musik DJ, maka di satu waktu akan membutuhkan alat remix DJ.

Originally posted 2022-03-12 19:52:29.

Gadget “WAJIB” Kalau Kamu Ingin Jadi Youtuber

Leave a Reply

Your email address will not be published.