counter customizable free hit

Proyektor mini adalah produk teknologi yang sangat praktis untuk memberikan kita tampilan luas dengan cara yang sangat praktis. Selama ada tembok putih atau lembaran putih, kita bisa menonton film atau video dengan ukuran yang sangat besar. Rata-rata proyektor portable bisa memberikan tampilan hingga 100 inci.

Proyektor portable dengan baterai

Sebagian besar proyektor mini juga sudah dibekali dengan speaker internal sehingga tidak perlu repot menyiapkan output audio pun kita bisa langsung menikmati tayangan video.

Meskipun kualitas gambarnya tidak sebaik tampilan dari TV atau proyektor ukuran standar, namun proyektor mini bisa menjadi alternatif yang sangat memudahkan karena adanya baterai internal serta kemudahan-kemudahan lainnya untuk menikmati hiburan lebih instant.

Jika anda membutuhkan proyektor mini untuk misalnya menonton berasama di taman rumah, atau membawanya untuk menonton di kamar hotel, maka berikut ini pilihan proyektor mini portable terbaik.

Pemilihan adalah berdasarkan faktor kepraktisan untuk dibawa ke mana-mana, desain, kemudahan penggunaan, kualitas gambar, kualitas speaker, serta ketahanan baterai yang setidaknya bisa bertahan hingga 2 jam untuk menonton film.

1. XGIMI MoGo Pro Mini Projector

Di Indonesia, proyektor mini portable ini memang tidak murah. Harganya berada di kisaran 8 jutaan rupiah. Namun dengan harga tersebut, proyektor mini ini memberikan paket fitur yang sangat baik. Ada juga versi dengan resolusi lebih rendah dibanderol sekitar 7 jutaan rupiah.

Proyektor mini ini berbobot 0,9 Kg sehingga sangat mudah dibawa keluar rumah. Resolusi video mencapai 1920 x 1080 piksel dengan luas maksimal layar mencapai 100 inci. Kecerahan juga bisa mencapai 300 ANSI Lumens sehingga sudah cukup baik untuk menampilkan di luar ruangan.

Koneksinya bisa menggunakan HDMI atau USB 2.0 untuk menonton konten offline. Asyiknya lagi, proyektor ini juga mendukung WiFi dan sudah menggunakan Android TV sehingga kita bisa download berbagai aplikasi streaming seperti HBO, Disney+, dll. Atau kita juga bisa menampilkan video dari ponsel menggunakan fitur cast.

Speaker yang digunakan adalah Harman Kardon yang kualitasnya lebih baik dibanding pilihan lainnya. Jika dirasa kurang, masih ada koneksi bluetooth untuk menghubungkan dengan speaker eksternal bluetooth.

Daya tahan baterainya bisa mencapai 2 jam sebelum akhirnya harus dicolokkan ke listrik menggunakan kabel sepanjan 2.4 meter yang disertakan dalam penjualan.

2. Xiaomi Mi Smart Mini Projector

Proyektor mini dari Xiaomi ini memiliki bobot 1,2 Kg, kecerahan hingga 500 ANSI lumens, dan bisa menampilkan hingga seluas 150 inch. Resolusi yang ditampilkan juga Full HD 1920 x 1080 piksel. Di Indonesia, harga proyektor mini dari Xiaomi ini dibanderol Rp 6 jutaan.

Proyektor mini ini juga sudah dilengkapi dua speaker stereo yang mendukung Dolby. Memutar video 4K juga bisa dilakukan di proyektor ini.

Port yang tersedia adalah HDMI dan USB-A serta ada headphone jack untuk output audio. Selain itu, proyektor mini ini juga sudah dibekali Android TV untuk menonton stream secara online. Bahkan dilengkapi juga dengan Chromecast untuk menghubungkan dengan ponsel secara wireless.

Di balik kualitas gambarnya yang sangat baik, namun kekurangannya adalah tidak dibekali baterai internal sehingga harus menghubungkan dengan listrik untuk menggunakannya.

3. Anker Nebula Capsule Mini Projector

Dibanderol dengan harga 4 jutaan rupiah, lebih murah dari dua pilihan lainnya. Proyektor mini ini dibekali dengan port HDMI, kecerahan cahaya 150 ANSI lumens, koneksi WiFi, internal speaker 360 derajat, koneksi bluetooth, serta kemampuan daya tahan baterai yang lama yakni hingga 4 jam. Proyektor ini juga menggunakan Android sehingga bisa mengunduh aplikasi untuk streaming. Luas tampilannya bisa mencapai 100 inci.

Ukurannya yang kecil membuat proyektor ini sangat mudah dibawa ke mana-mana, dimasukkan tas, atau bahkan ke tas kecil. Bobotnya juga hanya 470 gram.

Keterbatasannya ada pada resolusi yang hanya 854 x 480 piksel. Meskipun begitu, kualitas gambarnya tidak mengecewakan.

4. BenQ GS2 Mini Projector

Harga proyektor mini ini paling tinggi dibanding pilihan lainnya yakni mencapai 12 jutaan rupiah. Dengan banderol tinggi itu, tak heran jika proyektor mini ini memiliki 500 ANSI lumens meskipun resolusi gambarnya hanya sampai 720p. Tersedia koneksi WiFi, Bluetooth, HDMI, serta USB. Untuk koneksi wireless ke ponsel juga ada fitur wireless cast.

Ketahanan baterainya bisa mencapai 3 jam dengan full charge. Serta ada dua speaker internal masing-masing 2W. Jika kurang keras, bisa juga dihubungkan ke speaker bluetooth.

Fitur yang berguna di proyektor ini salah satunya adalah adanya eye-protection sensor, fitur yang akan mematikan lampu ketika ada anak-anak yang berjalan di depan sinar peoyektor dengan jarak yang terlalu dekat.

Selain 4 proyektor mini portable di atas, tentu ada banyak lagi pilihan lainnya. Jika menurut anda proyektor mini lain lebih baik dari proyektor mini di atas, maka itulah yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Satu hal yang pasti, tidak ada proyektor mini yang sempurna di semua sektor. Misalnya proyektor mini dari Xiaomi yang memiliki kualitas gambar baik, namun sayangnya tidak memiliki baterai internal sehingga akan lebih merepotkan jika harus dipakai di luar ruangan.

Atau Anker Nebula Capsule, tentu ukurannya sangat memudahkan untuk dibawa bepergian, namun kualitas gambarnya tidak sebaik proyektor mini lainnya. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

Originally posted 2022-03-11 21:51:59.

4 Proyektor Mini Portable Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.