counter customizable free hit

Pehobi fotografi tentunya menyukai hal-hal yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto atau video yang ciamik kualitasnya. Terkadang sebagian alat sudah dimiliki dan sebagian alat lain yang mendukung hobi fotografinya belum ada. Nah untuk kamu yang sedang mencari ide kado untuk orang tersayang atau teman dekat, berikut adalah 10 ide kado untuk fotografer.

1. Mirrorless Camera

Kamera jenis mirrorless saat ini lebih diminati oleh fotografer karena kelebihan-kelebihannya dibanding jenis DSLR. Kamera mirrorless juga rata-rata memiliki kemampuan rekam video lebih baik dibanding DSLR. Jika kamu ingin membelikan kamera baru untuk orang tersayang, maka pilihkan mirrorless. Ada banyak pilihan dengan rentang harga, ada yang di bawah 10 juta, ada juga yang mencapai lebih dari 100 juta rupiah.

Pilihan ideal dari Canon ada Canon EOS M50 II dengan harga 12 jutaan rupiah. Ada juga pilihan menarik dari FujiFilm seperti FujiFilm XT-30 dengan harga 15 jutaan. Atau jika ingin dari Panasonic ada G85K yang harganya setara dengan Canon EOS M50 II.

2. Action Camera

Kamera jenis aksi ini biasanya digunakan untuk aktivitas di luar ruangan yang lebih ekstrim. Misalnya untuk merekam saat mengendarai motor, bersepeda, bermain di air terjun, bahkan hingga menyelam dangkal.

Ada banyak pilihan kamera aksi, jika kamu bingung mau beli yang mana, kami sarankan untuk memilih GoPro Hero 10 Black. Alternatifnya ada DJI Action 2, atau ada juga dari Insta360.

3. Drone Camera

Kamera drone harganya memang bisa sangat mahal, namun saat ini sudah cukup banyak kamera drone yang harganya cukup terjangkau. Pilihan dari merk kredibel namun masih terjangkau harganya ada DJI Spark dan DJI Mini 2

Dengan kamera drone, dia bisa memotret atau merekam video dari udara yang tentu memberikan kesan sinematik yang sangat menarik. Cocok untuk dipakai saat merekam area wisata, perkebunan, bahkan di perkotaan.

4. Gimbal

Alat penstabil ini sangat dibutuhkan dalam produksi video. Pilihan gimbal juga beragam, ada yang mekanismenya manual, ada juga yang menggunakan motor elektris. Untuk kamera, gimbal yang direkomendasikan antara lain DJI Ronin SC, Zhiyun Crane M3, dan seri lainnya.

Dengan menggunakan gimbal, video yang dihasilkan bisa sangat halus dan memungkinkan untuk model video sinematik.

5. Tripod

Alat untuk menempatkan kamera ini menjadi kebutuhan wajib untuk fotografer. Ada banyak sekali pilihan tripod di pasaran dengan harga mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, pilihlah setidaknya tripod yang harganya beberapa ratus ribu rupiah.

Tanpa adanya tripod, fotografer pasti akan kesulitan jika harus mengambil foto dengan kecepatan rendah demi mendapatkan hasil foto dengan efek tertentu. Tripod juga sangat dibutuhkan untuk fotografi wild life yang perlu melakukan zoom jauh.

6. GorillaPod

Produk original dari Jobi ini bisa dijadikan sebagai tripod mini, atau yang lebih khusus adalah kemampuan untuk diikat ke batang pohon, atau tiang, serta bisa diatur secara fleksibel sudutnya.

Di pasaran ada dua versi GorillaPod, ada yang asli merk Jobi, ada juga merk lain yang harganya jauh lebih murah. GorillaPod dari Jobi memiliki kualitas yang lebih baik meskipun harganya juga cukup tinggi hingga lebih dari 1 juta rupiah untuk model tertingginya.

7. Microphone

Ada beberapa jenis mic untuk kamera yang biasa digunakan oleh videographer, seperti mic jenis shotgun, lavalier, ataupun jenis lain. Namun biasanya mic jenis shotgun yang biasa digunakan dalam pembuatan video. Mic jenis Wireless juga saat ini digandrungi oleh banyak videographer karena kepraktisannya.

Untuk mic jenis shotgun, kita bisa memilih salah satu dari produknya RODE. Begitu juga mic wireless dan lavalier, RODE memiliki mic yang bisa diandalkan. Ada beberapa laternatif lain seperti DJI Mic yang kualitasnya juga sangat baik.

8. Lighting

Pengambilan foto profesional tentu membutuhkan lighting yang berkualitas. Namun untuk pemula, biasanya satu LED lights sudah cukup membantu proses pengambilan foto maupun video. Ada banyak merk dan jenis lampu fotografi yang ada di pasaran. Untuk harga yang cukup terjangkau ada LED Lights dari Ulanzi. Jika ingin memberikan yang lebih baik, bisa pilihkan dari merk Godox atau lainnya yang setara.

9. SD Card

Semua orang yang hobi fotografi pasti membutuhkan aksesoris yang satu ini. Bahkan tidak ada kata cukup untuk sebuah SD Card untuk menyimpan hasil foto dan video dari kamera. Dengan harga yang relatif beragam, kamu bisa pilih yang paling sesuai budget. Salah satu merk populer yang recommended adalah SanDisk.

10. Tas Kamera

Nah jika kamu tidak terlalu memahami model dan jenis alat-alat fotografi, maka memberikan tas kamera atau tas backpack dengan fitur penyimpanan kamera bisa menjadi pilihan paling tepat. Ada banyak sekali model dan merk tas kamera, namun jika budget-nya cukup maka bisa pilih dari merk thinkTHANK atau dari merk Peak Design.

Agar tidak salah dalam memilih, bertanya apa yang paling dibutuhkan kepada yang ingin dibelikan kado juga tidak salah. Karena jika ternyata alat yang dibelikan tidak sesuai dengan keinginan juga bisa menimbulkan kekecewaan.

Originally posted 2022-03-11 19:08:53.

10 Ide Kado Untuk Dia Yang Hobi Fotografi
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published.