counter customizable free hit

Di pasaran, ada ratusan tipe dan jenis kamera mulai dari 1 jutaan hingga ratusan juta rupiah. Namun di sini saya tidak akan memilih kamera harga ratusan juta karena tentu saja akan mubazir. Soal uang, dalam edisi kali ini tidak terlalu masalah, namun bukan yang berlebihan juga. Ya realistis lah dengan kebutuhan seorang content creator dan movie maker indie.

So, jika ada budget ratusan juta rupiah untuk membeli beberapa kamera, maka berikut yang terbaik berdasarkan banyak review, pengujian, dan selera pribadi.

Dalam edisi ini sudah tidak disertakan DSLR karena kurang relevan dengan kebutuhan utama yakni merekam video.

Kamera Mirrorless Terbaik

  1. Canon EOS R5 : Harga 65 juta body only

    Nah, untuk kamera termahal akan saya pilih dari Canon, alasannya karena Canon punya lensa yang idaman sih. Canon EOS R5 ini bisa rekam video resolusi 8K 30 fps, jadi udah mantul banget buat bikin video YouTube yang nyamain MKBHD. Oh iya, Marques Brownlee juga punya EOS R5 ini untuk kebutuhan rekam video yang portable. Kalau di studio sih dia pakai kamera RED. Untuk ngambil gambar tentu EOS R5 joss banget jangan ditanya. Dia juga cocok buat fotografi Sport, apalagi selain Sport tentu lebih cocok.
  2. FujiFilm X-T4 : Harga 27 juta body only

    Disebut-sebut sebagai kamera APS-C terbaik nih. Yang jelas selain buat motret foto yang mantul banget, dia juga salah satu juara buat ngambil video. Memang masih kalah dikit dibanding Lumix GH-5, namun bedanya sangat tipis. Alasan kenapa X-T4 dan bukan GH5 adalah karena desain fisiknya lebih bagus X-T4 ini. Apalagi yang silver, aduh.
  3. Panasonic Lumix G85K : Harga 12 juta dengan lensa kit

    Nah loh kok ada Lumix tapi bukan GH5? Jika kalian lihat list di atas, itu saya ambil perwakilan dari kamera kelas Pro satu, lalu kelas Semi Pro satu, dan G85K ini buat mewakili Entry level atau kelas pemula. Cocok buat dibawa-bawa dan gak terlalu takut dicolong orang karena harganya paling terjangkau. Meski harganya jauh dibanding pilihan lainnya, namun soal kualitas sih ini udah mantul abis. Buat video juga joss karena banyak mewarisi kakaknya; GH5.

  4. Nikon : Nah saya sebenernya ingin menempatkan satu kamera Nikon di sini. Sayangnya untuk video, Nikon kurang bisa ngejar Sony ataupun Canon. Jadi saat ini belum ada pilihan ideal ya dari Nikon. Mungkin saya pilih Nikon D5600 aja deh, yes DSLR. Alasannya, ya masa sih gak ada perwakilan DSLR-nya.

Oh iya, di atas kok gak ada kamera Mirrorless Sony? Bukankah Sony adalah salah satu raja di Mirrorless camera buat video? Yes betul. Untuk low noise Sony mantul abis. Sebut saja sekarang ada Alpha 7S III yang udah pakai flip screen harga 50 jutaan. Lalu kenapa tidak dipilih? Simpel, karena di atas sudah ada Canon EOS R5 dengan beda harga yang masih deket. Tapi mungkin besok bisa masuk ke daftar sih, sekarang belum dulu.

Kamera Camcorder Terbaik

  1. Sony HXR-NX80 : Harga 28 juta

    Nah, perwakilan dari Sony akan saya ambil dari jenis camcorder saja. Lalu buat apa kok camcorder, masih musim?

    Camcorder tetep saja memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kamera mirrorless apalagi DSLR, yakni durasi rekam yang bisa berjam-jam tanpa mengalami kepanasan. Jadi, perlu punya satu ini buat misalnya bikin video podcast non-stop dan rekam sebuah event non-stop juga. Om Deddy Corbuzier juga pakai kamera camcorder di podcast-nya.

    NX80 sudah mulai masuk ke kelas pro, setidaknya semi-pro. Kualitas videonya sih memang gak se-caem mirrorless kelas semi-pro, tapi tetep aja udah mantul. Dan bonusnya udah bisa nge-zoom jauh secara optikal.

Action cams Terbaik

Nah sebenernya saya jujur lebih suka kamera jenis ini. Kamera mungil tapi mantul kualitas videonya. Ya walaupun jauh dari Mirrorless kalau di malam hari. So here it is..

  1. Insta360 Go 2 : Harga 5 jutaan
    Ini kamera mungil yang kualitas videonya gak jelek sama sekali. Durasi rekam juga bisa hingga 30 menit, not bad at all menimbang dimensinya yang beneran mungil.
  2. GoPro Hero 10 : Harga 10 juta
    Loh bukannya harganya gak segini? Ya harga ini sudah termasuk aksesoris “wajib” yakni Media Mod dan sedikit aksesoris. Kualitas GoPro Hero 10 menurut saya pribadi udah sangat cukup. Dan tentu saja kamera ini dijatuhin, dicemplungin, akan aman-aman saja. Asalkan gak dijatuhin dari atap rumah juga, walaupun berdasarkan pengujian masih bisa tahan sih, tergantung permukaan tanah juga pastinya.
  3. DJI Action 2 : Harga 10 juta
    Pesaing terkuat GoPro Hero 10 yang punya desain modular. Asyik banget sih bisa tempel sana tempel sini. Bisa ganti pasangan juga. Maksudnya bisa ganti ke mode dual battery, atau dual battery plus dual screen. Harganya gak sampai 10 juta, tapi anggap saja sudah termasuk dua buah tambahan battery+screen.
  4. GoPro Max : Harga 10 juta
    Sebenernya saya gak terlalu suka tangkapan kamera 360, namun ketika melihat editan video maker luar, kayaknya bukan karena kameranya tapi lebih karena ngeditnya kurang keren aja. So, kamera 360 yang saya pilih adalah Max dari GoPro. Harganya gak sampai 10 juta sih.

Lensa Terbaik

Nah sekarang pilih-pilih lensa idaman. Dan ini lebih banyak buat kamera Canon EOS R5 di atas sih.

  1. Canon RF28-70mm f/2L USM : 55 juta
    Ini lensa yang edan banget sih. Bukan tanpa kekurangan. Bahkan IS aja gak punya dia. Jadi ngandelinnya IBIS di kamera. Kekurangan lain juga adanya Focus breathing. Tapi kekurangan itu gak menutup kelebihannya yakni aperture f/2.0 di semua range dari 28 ke 70. Hasil fotonya tuajem dan ngebokeh. Harganya gak kira-kira emang.
  2. Canon RF70-200mm f/2.8L IS USM : 45 juta
    Ini kalau di lensa EF sih lensa “wajib”nya ya. Cocok buat fotografi portrait dan wild life. Bokehnya cuakep banget, tapi harganya ya itu dia, muihil.
  3. Canon RF15-35mm f/2.8L IS USM : 38 juta
    Nah ini lensa “wajib” buat YouTuber karena buat ngevlog ya harus ultrawide. Bukan itu saja, buat indoor juga tentu lensa ultrawide lebih cocok, terutama di ruangan biasa. Harganya juga gak kira-kira.
  4. Canon RF100mm f/2.8L MACRO IS USM : 25 juta
    Ini lebih buat BONUS aja sih. Karena saya juga suka fotografi makro sejak dulu. Sayangnya harga untuk lensa RF ini jauh lebih mahal dari lensa EF L macro yang 15 jutaan. Lensa makro kalau dipakai buat portrait juga cakep sih.

    Nah berhubung 4 lensa di atas muihil2 banget. Sebenernya ada dua lensa RF harga terjangkau yang udah cukup mewakili untuk kebutuhan di atas sih. Yaitu dua lensa ini;

    – RF16mm f/2.8 STM : 6 jutaan
    Buat ngevlog atau rekam indoor yang sempit. Bukan seri L tapi kualitas gambarnya gak jelek sama sekali.

    – RF85mm f/2 Macro IS STM : 11 jutaan
    Buat fotografi portrait, bisa juga buat macro.

Sebenernya ada lensa fix 35mm dan 85mm yang tentu idaman banget juga. Tapi menimbang di atas sudah ada RF28-70 f/2L yang katanya setara lensa fix hasil fotonya, maka yasudah tidak perlu dulu.

Nah sekarang buat lensa FujiFilm X-T4, saya akan pilih lensa ini;

  • FujiFilm XF 10-24mm F4 R OIS Fujinon : Harga 13 juta
    Alasannya karena Ultrawide, jadi bisa buat ngevlog. Dan 24mm juga bisa buat street fotografi atau portrait masih oke lah. Udah satu ini aja lah lensa Fuji-nya.

Nah itu dia kamera-kamera terbaik versi elmuha yang tentu saja saya dapatkan dari analisis puluhan artikel dan video review. Jadi cukup kredibel ya.

Yasudah, sekian menghayal kali ini, semoga suatu saat kebeli aja sih. Hmm tapi gak perlu-perlu amat ya aslinya. Tapi saya pengen bikin film indie sih kapan-kapan. Gambar-gambar nyusul yak..

Originally posted 2022-02-14 04:06:54.

Pilihan Kamera Terbaik JIKA Uang Bukan Masalah
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.