counter customizable free hit

5-4-3-2-1-Close the Door!!

Yup, podcast yang digawangi oleh Master Deddy Corbuzier ini tak bisa disangkal merupakan podcast nomor 1 di Indonesia. Tamu-tamu yang datang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh viral hingga pejabat sekelas Wakil Presiden.

Jelas saja bukan hal mengherankan jika Podcast Close the Door menjadi acuan podcaster lainnya baik yang baru membuat acara podcast maupun yang ingin meningkatkan kualitas podcast mereka.

Jelas dalam sebuah podcast, hal terpenting adalah materi dan konten yang dibahas ya, selain tentu saja siapa yang berbicara.

kamera yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door

Namun peralatan juga bisa mendukung kualitas meskipun tidak ada kepastian bahwa jika alatnya mahal maka pasti akan bagus, tidak sama sekali.

Bahkan dalam salah satu video om Deddy yang edisi perpisahan dengan Tia, dikatakan bahwa awalnya podcast Close the Door itu hanya menggunakan kamera Webcam.

Jelas kualitas kamera Webcam jauh dibanding kamera mirrorless atau sekelasnya. Namun berkat pembawaan yang menarik dan bikin betah, peralatan seadanya tersebut ternyata tetap mampu membawa penonton jutaan.

Jadi, bagi kalian yang ingin memulai program podcast, jangan jadikan peralatan sebagai alasan untuk menunda.

Tapi bagi yang penasaran alat-alat apa saja yang dipakai di podcast om Deddy Corbuzier, maka berikut elmuha bagikan informasinya.

Peralatan dalam Podcast Deddy Corbuzier

Dimulai dari komponen terpenting ya;

1. Microphone : SM7B

Suara lebih penting dari kualitas visual, itu jika kita ngomongin Podcast. Bahkan tanpa visual pun orang masih suka dengerin Podcast di aplikasi suara semacam Radio atau Spotify.

Nah, om Deddy ternyata menggunakan microphone yang sangat populer di dunia podcast yakni Shure SM7B.

microphone yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door

Kualitas suara Shure SM7B jelas enak banget, ngebass dan bikin suara siapapun jadi lebih enak didenger ya.

Wajar, harganya tidak murah sama sekali.

Dalam deretan microphone terbaik untuk Podcasting, Shure SM7B bisa dikatakan merupakan yang termahal, harganya mencapai 7 juta rupiah di Indonesia. Setidaknya di studio Om Deddy ada 4 Mic SM7B ini yang ready.

2. Monitoring Headphone : M50x

Dalam podcast Close the Door, headphone yang dipakai om Deddy dan Tamu podcast itu berguna untuk memonitor suara kita sendiri dan suara lawan bicara sehingga tentu lebih enak buat mengontrol cara kita berbicara sesuai yang akan penonton dengarkan.

headphone yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door

Menurut info, om Deddy menggunakan headphone monitoring Audio Technica ATH-M40x. Ini adik dari M50x yang legendaris itu. Jelas kualitas suaranya hampir setara.

Harganya cukup tinggi namun masih cukup terjangkau yakni 1,8 juta rupiah. Bahkan di Official store Audio-Technica dibanderol 1,3 jutaan meskipun stocknya kosong.

3. Mixer Audio : Xenyx

Ini berguna untuk menghubungkan microphone dan headphone ke komputer atau bisa juga langsung ke kamera.

Audio Mixer Deddy Corbuzier Behringer XENYX X1204USB

Di podcast Close the Door, om Deddy menggunakan Behringer Xenyx series dengan 4 buah input mic. Harganya ada di kisaran 8-10 juta rupiah.

4. Lampu studio

Dalam produksi video, lighting atau penerangan itu penting banget ya agar videonya bersih dari noise dan bisa tajam videonya.

lighting yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door

Nah di podcast om Deddy, setidaknya ada 3 buah lampu studio yang masing-masing harganya berkisar 4 juta rupiah.

5. Camera : AX700

Nah ini bagian pentingnya ya, kamera apa yang digunakan?

Hampir tidak pernah ya dilihatkan di channel om Deddy kamera yang digunakan untuk podcast. Atau mungkin saya yang belum nemu. Saya mendapatkan visual kamera untuk podcast Close the Door itu dari video milik DOSS.

Sesuai dugaan elmuha, kamera yang digunakan adalah jenis Camcorder semi profesional dan pro.

Kamera video yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door
Ekspresi mas Agus serius banget yak 😀 (yang ditunjuk panah bisa jadi NX80 bisa juga Z90V, desainnya mirip)

Melihat dari visualnya, Camcorder camera yang digunakan adalah Sony FDR-AX700 dan HXR-NX80 atau bisa juga PXW-Z90V. 3 tipe camcorder tersebut belum terlalu lama diluncurkan dan dibekali dengan sensor 1 inci serta bisa rekam video resolusi 4K 30 fps.

Meski sensornya sama-sama 1-inch, ketiga camcorder tersebut jelas memiliki perbedaan.

FDR-AX700 sebagai yang termurah belum dilengkapi dengan handle dan XLR input sedangkan NX80 dan Z90V sudah dibekali handle dan XLR input. Beberapa fitur juga berbeda, pada Z90V fitur dan port-nya lebih lengkap.

Kamera camcorder yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door
Elmuha cukup yakin ini adalah FDR-AX700, koreksi jika salah.

Namun ketiganya memiliki kualitas video yang hampir setara di pengaturan standar. Untuk kualitas setelah edit, Z90V punya keleluasaan untuk menghasilkan lebih baik.

Harga resmi Sony FDR-AX700 di Indonesia adalah 27,9 juta menurut banderol resmi Sony Indonesia, namun dijual oleh Tokocamzone dengan banderol 25 jutaan rupiah. Sedangkan harga Sony HXR-NX80 menurut TokoCamZone adalah 28,4 juta rupiah, berbeda 3 jutaan dari FDR-AX700. Harga Z90V adalah yang tertinggi mencapai 45 juta rupiah.

Kamera Sony yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door
NX80

Di podcast Close the Door, harusnya ada 3 kamera camcorder. Minimal yang digunakan adalah Sony FDR-AX700 dan HXR-NX80 (atau Z90V). Kamera satu lagi yang mengarah ke Om Deddy belum saya temukan visualnya.

Anggaplah satu camcorder harga 25 juta, dan 2 camcorder harga 28 juta, maka 3 camcorder totalnya menjadi 81 juta rupiah.

6. PC Computer : Mothersip

Nah untuk ngedit video podcast, om Deddy memang gak main-main. ROG kelas atas harga lebih dari 100 juta pun dipilih.

Asus ROG Mothersip i9

Ada Asus ROG Mothersip harga 130 jutaan dan ada satu lagi PC ROG yang harganya hampir 100 juta juga.

PC dengan monitor ROG

7. Lain-lain

Nah di studio khusus Podcast Close the Door, ada perlengkapan lain juga tentunya yang mendukung program ini, antara lain:

  1. TV LED besar ukuran tidak tau. Yang jelas harga TV 55 inch sekarang sudah cukup terjangkau ya. Mulai 5 jutaan rupiah. Tapi di podcast terbarunya, TV yang digunakan udah upgrade juga, nampaknya mahal, harga belasan juta.

    Belum tau TV apa, nanti saya ubek2 dulu
  2. Kursi MAHAL. Nah ada satu hal yang diupgrade dari podcast-nya om Deddy yakni kursi yang tadinya cuma harga 1 jutaan saja, kini menjadi puluhan juta. Kursi Herman Miller Aeron setidaknya ada 4 buah, harga satu kursinya mulai dari 30 juta hingga hampir 40 juta rupiah.
    Kursi mahal yang dipakai di podcast deddy corbuzier close the door
  3. Mic stand, harganya mulai 1 jutaan per satu stand.
  4. Tripod, setidaknya ada 3 tripod yang harganya kemungkinan yang jutaan rupiah per satu-nya.
  5. Meja lebar dan strong. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah juga.

Jika dijumlah, kira-kira seperti ini:

  • Mic x 4 = 7 x 4 juta = 28 juta
  • Monitoring headphone x 4 = 2 x 4 = 8 juta
  • Behringer Xenyx = 10 juta
  • Studio lighting x 3 = 12 juta
  • Camcorder camera x 3 = 80 juta
  • Asus ROG Mothersip i9 = 130 juta
  • Asus PC ROG = 80 juta
  • TV LED = 5 juta
  • Kursi x 4 = 40 x 4 = 160 juta
  • Mic stand & Tripod = 10 juta
  • Meja = 5 juta

At least 448 juta rupiah. Belum termasuk perlengkapan lainnya ya misal kursi-kursi kru, poster-poster dinding, dsb.

Nah, jadi memang peralatan yang dipakai tidak main-main. Khususnya Mic, Kursi, dan komputer buat ngeditnya. Sedangkan yang lain masih cukup terjangkau seperti headphone monitoring, Audio Mixer, TV, Lighting, dsb.

Sebenarnya untuk memulai sebuah podcast, bahkan yang dibutuhkan bisa hanya sebuah ponsel karena sekarang kualitas video smartphone kelas menengah saja sudah sangat baik.

Lighting bisa disiasati dengan melakukan podcast di luar ruangan. Mic bisa pakai yang terjangkau harga 100 ribuan, misalnya Boya BY-M1. Dan editing juga bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Namun jika kalian ingin membuat podcast yang berkualitas seperti punya Deddy Corbuzier, setidaknya invest di hal-hal berikut:

  • Kamera mirrorless harga 10-15 jutaan sudah cukup oke, misalnya Canon EOS M50, FujiFilm X-T30, dsb.
  • Microphone bisa pakai Rode PodMic harga 1 jutaan, yang lebih murah banyak
  • Headphone monitoring bisa pakai yang harga 300 ribuan, misal Audio Technica ATH-AX1iS
  • Mixer bisa pakai yang terjangkau dengan port 2 mic
  • Lighting juga banyak pilihan yang terjangkau

Yang paling sulit bukan soal peralatan namun memberikan obrolan yang menarik, tidak boring, edukatif, dan menghibur. Good luck!

Originally posted 2022-02-12 20:31:34.

Kamera & Alat2 di Podcast Deddy Corbuzier – Close the Door!!
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.