counter customizable free hit

Jika Anda mencari produk terbaik dari berbagai bidang; HP, Laptop, Kamera, Gagdet aksesoris, maka artikel ini TEPAT untuk Anda!!!

Jika bukan terbaik, maka ya favorit lah. Karena elmuha bukan yang terlalu penghamba harga atau merk, jadi jika ada merk yang lebih murah tapi kualitasnya sudah oke ya saya akan prefer itu. Satu contoh adalah genset, tentu saja genset dari Honda itu wow banget, atau dari Yamaha, tapi faktanya, genset kecil mereka saja muahal ampun, jadi mending merk lain deh bisa dapet yang lebih powerful dengan harga lebih terjangkau, 6 jutaan banding 24 jutaan, 1:4 harganya.

Apple MacBook Pro 13

Tapi dalam dunia teknologi, kadang yang lebih mahal emang beneran lebih bagus. Contohnya iPhone atau MacBook, meskipun mereka dibully terus-terusan, dikatain yang punya Apple itu Fansboy, tapi saya yang mengikuti dunia teknologi sejak belasan tahun lalu pun mengakui kok bahwa iPhone ya memang sekeren itu, sebagus itu. Atau MacBook Air, itu harganya CUMA 15 jutaan dengan kualitas yang udah superb lah dibanding harganya.

Baiklah langsung saja, check my wishlist!

Biasanya dari satu bidang itu saya akan pilih dua atau bahkan lebih, gak cukup satu, ya kan kita sedang melakukan visualisasi, gapapa kan gratis kalau kita memilih lebih dari satu.

1. SMARTPHONE (HP) TERBAIK

Ya kita mulai dari produk yang hampir selalu ada di sisi kita deh, a phone.

Ponsel apa sih yang paling keren menurut elmuha? Ini nih!

A. Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra Red HP terbaik

Smartphone from Samsung ini adalah flagship-nya ya, walaupun bukan yang termahal karena masih ada Galaxy Fold. Saya pernah pengen Fold 3 yang keren itu, tapi semakin ke sini semacam bosan sebelum memiliki sih. Entah besok atau minggu depan. Tapi kalau Galaxy Flip 3, oke juga tuh.

Galaxy S22 Ultra diluncurin beberapa pekan lagi dengan spek yang kelas atas tentunya, terbaik dari seluruh jajaran ponsel Samsung, yes mengalahkan Fold juga. Gambar2 adalah render dan leaks.

Samsung Galaxy S22 Ultra by hypark22 HP Android terbaik

Meski namanya S22, namun dipercaya dan sudah dibuktikan dengan banyak sekali bocoran bahwa Galaxy S22 Ultra adalah penerus Galaxy Note juga. Ya disayangkan ya kenapa harus membuang nama Note padahal legend banget. Mungkin itu strategi marketing mereka untuk efisiensi nama sehingga data-data  dan promosi juga akan terpusat ke S series. Tidak ada dual flagship lagi. Ya abaikan Fold untuk sementara ini.

Soal harga sih kemungkinan mencapai 20 jutaan untuk tipe dan varian tingginya ya.

B. Apple iPhone 13 Pro

Ya siapa sih yang gak pengen iPhone terbaru ya kan…

Kenapa yang Pro? Karena lebih lengkap aja fitur kameranya. Kenapa gak yang Mini or Max? Karena Mini kekecilan dan Max kegedean.

Apple iPhone 13 Pro HP terbaik

Susah juga sih mau ngomongin iPhone. Ya ini bukan ponsel terbaik di semua sektor ya. Kamera masih kalah dengan sebagian ponsel lainnya. Performa bolehlah berbangga diri, tapi ponsel Flagship dengan Snapdragon tertinggi pun bisa mengimbangi. Ya udah pokoknya iPhone emang bagus, udah itu aja sih. Bingung mau jelasin produk bagus mah.

Harganya kalau yang Pro itu sekitar 18 jutaan ya. Ya anggaplah pilih yang agak gede storagenya; 20 juta. Setara dengan Galaxy S22 Ultra.

C. Xiaomi 12

Elmuha adalah penggemar berat Xiaomi. Ya kaum mending lah, bisa dikatakan.

Flagship mereka baru aja diluncurin nih yakni Xiaomi 12 series. Ada yang seri standar or Vanilla yakni Xiaomi 12, ada kakaknya yakni Xiaomi 12 Pro, dan ada adeknya; Xiaomi 12X.

Xiaomi 12 ponsel android terbaik

Saya paling suka ya ke Xiaomi 12 yang standar. Ukurannya beda dikit dengan ponsel yang saya pakai sekarang, ngepas banget dalam genggaman. Ya sebenernya mirip juga ukurannya dengan iPhone 13 Pro di atas. Hanya, saya yakin 99% Xiaomi 12 ini akan lebih nyaman di genggaman saya yang punya tangan ukuran standar bahkan cenderung kurang gede.

Alternatif lainnya yang juga menarik adalah Asus Zenfone 8 dan Google Pixel 6. Di kelas menengah, yang terbaik ada Galaxy A52 dan Xiaomi 11 Lite. Why no Oppo and Vivo and Realme? Or Huawei? Karena I don’t really recognize them.

2. LAPTOP TERBAIK

Nah sekarang produk tekno tervaforit buat elmuha nih, notebook alias laptop.

Ada banyak banget pilihan laptop di pasaran mulai dari harga biasa sampai lebih dari 50 juta. Memilih laptop terbaik mungkin lebih susah ya dibanding memilih HP terbaik. Itu karena laptop disediakan bebeberapa spek sesuai kebutuhan pembelinya.

Zephyrus S17
Zephyrus S17, harga varian tertinggi mencapai 60 jutaan

Dengan body yang sama, kadang perbedaan harganya bisa lebih dari 50%. Hal paling membedakan tentu saja prosesornya, graphics card, RAM, serta storage-nya.

Namun, setelah saya pertimbangkan, berikut adalah laptop terbaik versi elmuha yang kalau saya punya too much money akan saya beli.

A. Asus ROG Flow X13

Berbeda dengan ROG lainnya, Flow ini adalah laptop gaming Asus yang merupakan 2-in-1 alias hybrid atau convertible dimana bisa jadi laptop bisa juga jadi tablet. Layarnya layar sentuh tentu saja, dan bisa diputar 360 derajat ketika akan dipakai menggunakan mode tablet.

Asus ROG Flow X13 laptop convertible terbaik

Soal performa, ROG Flow X13 ini bukan yang tertinggi ya, masih ada Strix atau Zephyrus yang dilengkapi varian dengan chipset tertinggi. Awalnya juga saya ngidam banget ke Zephyrus S17, tapi sejak melihat Flow X13, sepertinya ini lebih sesuai dengan kebutuhan elmuha.

Harga Asus ROG Flow X13 ini mulai 21 jutaan yang untuk varian terbawah dengan RTX3050, dan ada dua lagi di atasnya yang hanya berbeda di Graphics card, storage, dan RAM. Untuk yang harganya paling mahal, itu sepaket dengan graphics card external, harganya mencapai 60 jutaan dimana GPU externalnya pakai RTX3080.

Chipsetnya AMD Ryzen 9, tidak ada pilihan Intel nampaknya, correct me if I am wrong.

B. Apple MacBook Pro 16

Laptop dari Apple itu semuanya bagus ya, komputer desktopnya juga. Lihat saja mulai yang termurah ada MacBook Air, MacBook Pro 13, keduanya mantul sangat lah. Lalu di kelas yang lebih pro ada MacBook Pro 14 dan 16.

MacBook pro 16 laptop terbaik

Kenapa lalu elmuha menetapkan yang 16 inch sebagai pilihan laptop terbaik? Ya karena bigger is better kan. Layarnya yang aduhai bakal uenak tenan kalau di versi 16 inch. Intinya itu doang sih.

Harga MacBook Pro 16 itu mulai dari 38 jutaan rupiah ya, di Indo 40 jutaan kecil. Sedangkan versi termahal dengan storage wajar bisa mencapai 65 juta. Mau kapasitas storage dan RAM lebih ngeri ya bakal 100 jutaan sepertinya.

Kelebihan MacBook Pro 16 tu apa ya, hampir semua aspek dari sebuah laptop sih. Cuma ada kekurangannya juga tentu, misalnya tidak touchscreen, dan apa ya. Duh, kalau laptop begini mah susah nyari kekurangannya.

C. Lenovo ThinkPad T470

Ini laptop bisnis, saya jadikan pilihan untuk dijadikan laptop yang kerja rodi non stop siang-malam.

Lenovo ThinkPad T470 kamera bisnis terbaik

Kenapa gak yang baru? Karena harganya uwow aja sih. Yang bekas juga masih oke banget lah. Apalagi yang T470 itu belum terlalu jadul banget kan.

Harga ThinkPad T470 berkisar di 8 jutaan nampaknya. Alternatif ada ThinkBook series.

3. KAMERA TERBAIK

Sekarang masuk ke alat produksi yang khusus nih. Sebagai YouTuber abal-abal, tentu saya tidak perlu kamera yang bagus dan mahal. Kamera HP saja sudah oke asal pencahayaannya bagus.

Tapi kalau terlalu bersyukur begitu nanti gak asyik menghayalnya ya kan.

So, this is kamera terbaik untuk dibeli, versi elmuha.

A. FujiFilm X-T4

Tidak fullframe, tapi hasil foto dan video dari X-T4 ini edun banget sih. Harga memang tidak murah, tapi lebih murah dibanding kamera Canon or Nikon yang punya kualitas hasil video yang setara.

FujiFilm X-T4 Kamera terbaik

Alternatifnya adalah Sony Alpha A7III ya, itu favorit banget lah dan dipakai oleh banyak Content Creator besar.

Tapi saya tidak suka saja, lebih suka FujiFilm X-T4. Desainnya lebih masook. Kalau hasil foto/video sih, Alpha A7 III aja udah ngeri banget, sangat low noise di kegelapan, edun pokoknya. Lumix GH5 juga ngeri sih, best choice buat para videographer.

Harga X-T4 itu kalau body only mulai 20 jutaan kecil ya, dengan lensa kit sekitar 30 jutaan.

B. Canon EOS M50 Mark II

Kamera ini didesain oleh Canon sebagai kamera creator ya. Bahkan ada fitur video portrait juga, cocok untuk bikin video Tiktok, YT Shorts, atau Reels.

Canon EOS M50 Mark II Kamera 10 jutaan terbaik

Hasil foto dan videonya gak jelek sama sekali walau harganya gak sampai setengah dari FujiFilm X-T4. Ditambah ada fitur khusus untuk content creators yang suka review produk.

Harganya mulai 10 jutaan rupiah, yang kit 12 jutaan. Ngomongin Canon, ada satu lensa yang dari dulu saya ngidam banget yaitu Canon EF100mm f/2.8 Macro IS USM, parah hasil foto/videonya.

C. GoPro Hero 10

Tidak lengkap kalau tidak menyertakan kamera action dari GoPro ini.

GoPro Hero 10 kamera action terbaik

GoPro Hero 10 meskipun didesain untuk action, nyatanya punya hasil foto dan video yang menakjubkan juga, di siang hari ya. Tambah ini udah tahan air tanpa perlu housing. Tambah punya fitur yang banyak banget buat bikin video cinematik. Tambah bisa buat motovlogging juga, ya jadi barang “wajib” banget lah ya.

Harganya 8 jutaan rupiah nih untuk gen 10. Dengan aksesoris Mods sekitar 10 juta.

D. DJI Action 2

Saingannya GoPro Hero 10 tapi lebih fleksibel nih. Saya suka sekali dengan bentuk mungilnya dan mekanisme cepat dengan magnet untuk menempelkan di holder atau mounting. Desainnya modular jadi bisa nambahin baterai atau layar kedua + baterai.

DJI Action 2 Kamera action terbaik

Kualitas video DJI Action 2 menurut saya lebih tajam dibanding GoPro ketika kondisi bergerak. Ketika diam memang GoPro Hero 10 lebih tajam.

Gimbal system lebih bagus di DJI Action 2 juga menurut elmuha. Di kondisi kurang cahaya juga jelas lebih bagus DJI Action 2 dibanding GoPro. Tapi GoPro is a must. Jadi ya punya dua2nya itu akan sangat menyenangkan :d

Harga DJI Action 2 di Indonesia mirip2 ya dengan GoPro, yakni 7 juta kurang untuk versi Power Combo (tambah 1 baterai) dan 8 jutaan untuk versi Dual Screen Combo (tambah layar+baterai).

E. DJI Mavic 3

Hasil video dari Drone itu cuakep banget sih. Impian saya sih bisa ngerekam dari Drone ketika saya di Sumatra nanti, di tengah rawa gitu kan. Ah, pasti cakep banget sih pemandangannya, sekaligus agak menakutkan.

DJI Mavic 3 drone terbaik

Harga DJI Mavic 3 gak murah sama sekali. Mulai dari 30 jutaan rupiah. Ya namanya juga visualisasi alias menghayal, ya tidak apa-apa, siapa tau keturutan untuk beli ini.

Sebenernya ada Drone dari DJI yang lebih murah seperti Mavic Air, Mini, Spark, dan Tello yang hanya Powered By DJI, harganya mulai 1 jutaan aja.

F. DJI Mini 2

Menimbang harga Mavic 3 terlalu mahal, maka saya jadikan DJI Mini 2 ini sebagai alternatif hemat drone dengan kualitas video yang udah sangat baik. Harganya masih tergolong terjangkau yakni 7 jutaan rupiah aja nih.

DJI Mini 2 kamera drone terjangkau terbaik

Sebagai informasi, DJI Mini 2 adalah penerus dari DJI Mini yang merupakan penerus (Pengganti) dari DJI Spark yang discontinued. Resolusi video sudah 4K jadi tentu lebih tajam ya.

G. Sony FDR-AX700

I always want a camcorder. Apa sih bedanya dengan kamera mirrorless atau DSLR?

Simpelnya, kalau camcorder itu bakal lebih tahan buat ngerekam sampai berjam-jam. Mirrorless atau DSLR kalau buat ngerekam lama bakal cepet panas. Jangankan 1 jam, 10 menit juga udah panas biasanya, gak semua tapi kebanyakan begitu.

Nah, saat ini camcorder umumnya dipakai oleh profesional ya. Kalau konsumen biasa sih udah jarang yang pakai, mungkin karena sudah ada HP dengan kemampuan rekam yang lebih dari cukup.

Sony FDR-AX700 Camcorder terbaik

Content creators juga lebih banyak yang pakai kamera mirrorless karena hasil gambarnya lebih tajam, dengan harga setara.

Tapi coba deh lihat hasil video FDR-AX700 yang merupakan saudara dari NX80 dan Z90, menggunakan sensor 1 inch. Tajem banget sih untuk sebuah camcorder harga 27 jutaan ini.

Yup, I want one. Ga tau buat apa, mungkin buat bikin video relaksasi yang berjam2 gitu kali ya.

Atau bikin podcast yang lebih dari sejam. Atau buat acara2 gitu, disewain?

Ya intinya saya pengen satu.

H. Nikon Coolpix P1000

Ini adalah salah satu kamera zoom terbaik dengan focal length 24-3000mm. 125X Optical Zoom. Beneran bisa memfoto bulan dengan jelas. Yang bikin impresif memang ketika di zoom di rentang 2000an mm itu jelas banget, quite sharp menimbang sensor kamera ini sebenernya kecil.

Kamera zoom terbaik Nikon Coolpix P1000

Lalu untuk apa kamera ini nongkrong di daftar produk terbaik? Ya karena ini bisa dibilang ga ada lawan yang cukup seimbang sih untuk zooming. Untuk mendapatkan sistem yang sama menggunakan mirrorless atau DSLR tentu butuh biaya yang super mahal menimbang lensa zoom dengan range segitu tentu muahal banget.

Kamera ini enaknya buat memfoto hewan liar sih, atau ngepoin gunung dan lembah.

Harganya ga murah, sekitar 15 jutaan rupiah yang artinya sama dengan EOS M50 II di atas.

I. Sony RX0 Mark II

Saya baru nemuin (kembali) bahwa RX0 sudah ada penerusnya yakni mark II dan it’s even better. Yang bikin menakjubkan menimbang fakta bahwa ini adalah Action Camera pesaing GoPro Hero dan DJI Action, namun sensor yang dipakai adalah 1 inch. Sudah saya lihat pengujian kamera ini dan WOW, superb banget kualitas foto dan videonya. Bahkan di low light, menurut saya lebih baik dari GoPro Hero 10 (jauh) dan DJI Action 2. Buat motovlog night ride sih RX0 II ini sepertinya terbaik ya.

Sony RX0 Mark II kamera action terbaik

Yes HARGAnya lebih mahal dari GoPro Hero 10 or Action 2. Harga RX0 Mark II adalah 10 juta kurang dikit. Sedangkan dengan bundle untuk ngevlog ada dijual 12 juta, termasuk mini tripod dan mic stereo.

3. AKSESORIS GADGET TERBAIK

Ini sebenernya terbaik versi elmuha ya. Yang variabelnya adalah harga, kualitas, dan kebutuhan. Saya tentu tidak butuh headphone dengan harga belasan juta. Itu contoh.. Dan sebenernya headphone ratusan ribu juga udah lebih dari cukup. Cuma judulnya kan ini mencari produk best of the best alias terbaik dari yang terbaik.

Berikut gadget aksesoris pilihan terbaik!

A. Headphone & Earphone terbaik

Audio-Technica ATH-M50xBT headphone monitoring terbaik

  • Audio-Technica ATH-M50xBT : Harga 2,5 jutaan : Headphone ini lebih difokuskan ke produksi dengan karakter flat. Legend banget lah headphone ini sampe dipuji2 terus oleh reviewer tekno terkemuka.

Sony WH-1000XM4 headphone noise cancellation terbaik

  • Sony WH-1000XM4 : Harga 4 jutaan : Nah ini juga dipuji2 terus nih, best headphone di rentang harga ini. Lebih tepatnya ini headphone dengan noise-cancellation yang superb banget. BASS-nya juga sangat mantul, khas Sony.

Mi True Wireless Earphones 2S TWS murah terbaik

  • Mi True Wireless Earphones 2S : Harga 800 ribuan : Earphone ini TWS dan desainnya cocok banget lah dengan kebutuhan saya. Kerena saya kurang suka dengan earphone jenis in ear karena terlalu sunyi dan kalau sambil ngemil itu juga gak enak banget. Ya ini earphone termahalnya Xiaomi kali ya? Bagaimana dengan EarPods-nya Apple? Ya itu juga bagus banget, tapi kimihilin yi..

B. PowerBank Terbaik

Anker PowerHouse II 400 Powerbank besar terbaik

  • Anker PowerHouse II 400 : Harga 9 Jutaan : Ya ini iseng2 aja sih, karena secara value sebenernya gak yang sebegitu worth it kalau kebutuhan kita cuma ngecas HP. Untuk gadget, kalau mati lampu ya mending punya dua powerbank Vivan yang 57K mAh. Untuk nyalain alat elektronik kalau mati lampu ya mending pakai genset, atau sekalian bikin Solar Panel System. Tapi tetep aja, if my money is too much, kenapa gak punya satu Anker PowerHouse ya kan, bisa buat ngecharge HP puluhan kali, atau charging laptop, dan nyalain TV, tanpa berisik. Dan lagi, beberapa fitur PowerHouse II 400 itu tidak dimiliki PB lain yang harganya murah, misal kecepatan recharge, dengan kapasitas 100 ribu lebih mAh, powerbank ini cuma butuh 4.5 jam aja charging sampai full. Bandingkan dengan VPB-B60 yang butuh 18 jam dengan kapasitas setengahnya.

Vivan VPB-B40 powerbank besar terbaik

  • Vivan VPB-B40 : Harga 500 ribuan : Nah ini gak bisa dibawa traveling by plane, karena kapasitas terlalu gede. Dan guede juga, cocoknya buat nangkring di motor aja atau mobil. Buat jaga2 misal dibutuhkan. Bobot VPB-B40 katanya sih 1 Kiloan, ya itu berat bro. Nah sebenernya saya lebih pengen Vivan VPB-B60 sih, kapasitas 57rb mAh. Tapi pasti akan lebih berat lagi, tapi gak apa-apalah. VPB-B60 harganya 600 ribuan saja.

Anker PowerCore III Elite 25600mAh 60W powerbank terbaik untuk ngecas macbook

Anker PowerCore Slim 10000 mAh powerbank terbaik

  • Alternatif dengan kapasitas lebih kecil ada Anker PowerCore Slim 10rb mAh harga 300 ribuan dan Robot RT180 10rb mAh harga 120 ribu saja. Robot juga punya power bank kapasitas 20K dan 30K yakni tipe RT21 harga 270rb dan RT30 harga 335rb. Semua powerbank dari Robot, Vivan, dan Anker itu recommended ya. Bagus.

C. Speaker Terbaik

Logitech Z906 speaker surround sound terbaik

  • Logitech Z906 : Harga 6 Jutaan : Sejak lama saya udah pengen ini speaker PC dari Logitech. Dia itu Surround Sound System ya, dan kualitas suaranya sih udah saya dengarkan dari tes2 mantul banget. BASS-nya juga uoke banget, menggelegar. Ya saya pakai yang termurah dari Logitech aja udah enak kok, apalagi ini yang termahal dari Logitech.

JBL-Xtreme-2 speaker bluetooth portable terbaik

  • JBL Xtreme 2 : Harga 4 jutaan : Ini adalah salah satu portable bluetooth speaker terbaik ya dengan ketangguhannya dan tahan air tentu saja. Sebenernya ada yang lebih keren yaitu JBL Boombox tapi harganya luar biasa; sekitar 8 jutaan. Yaudah ini aja, Xtreme 2 yang juga udah enak banget suaranya.

Anker SoundCore mini 2 speaker bluetooth portable terbaik

  • Anker SoundCore Mini 2 : Harga 350 ribuan : Meski sudah ada speaker bagus yang uenak, tetap saja kadang kita butuh speaker portable kecil ya, maka saya pilih ini deh; SoundCore Mini 2. Bukan yang terbaik di semua aspek sih, tapi ini bass-nya berasa dan daya tahan baterainya lama banget hingga 15 jam klaimnya. Alternatif kalau kalian mau yang lain ada JBL Clip 4 dan Sony SRS XB13, harga keduanya lebih mahal yakni sekitar 1 jutaan.

Sony HT-G700 Soundbar Speaker TV terbaik

  • Sony HT-G700 Soundbar : Harga 6-7 juta : Suaranya menggelegar, bass-nya edun banget lah dan gak pakai kabel subwoofernya (wireless). Harganya gak murah sih, tapi gak mahal juga kalau kita menimbang bahwa soundbar ini sudah Dolby Atmos certified dan dtsX juga. Cocok buat nonton film di rumah biar serasa di bioskop.

Xiaomi Mi Soundbar murah terbaik

  • Xiaomi Mi Soundbar : Harga 800 ribu : Ini walau harganya gak sampai 1 juta, kualitasnya oke banget sih. Bisa dijadiin pilihan juga buat di kamar misalnya. Yang Sony HT-G700 buat nonton film, yang ini buat nonton sinetron, ya kira2 gitulah. Sebenernya ada banyak pilihan Soundbar ya yang harga 2 juta kurang dan sudah dibekali subwoofer serta kualitas suaranya jempolan, ada dari Xiaomi, Samsung, Sony, Pioneer SBX-101, dll.

Sony SRS-NS7 neckband speaker

  • Sony SRS-NS7 : Harga 4 jutaan : Jadi ini adalah neckband speaker dengan Dolby Atmos dan wireless. Kok dipasang di leher, why? Nah buat yang belum pernah rasain ketika kita pengen dengerin musik atau podcast tapi sedang tidak ingin pakai earphone atau headphone dan tidak bisa juga pakai speaker karena bisa mengganggu orang sekitar, maka neckband speaker ini bisa jadi solusinya. Suara akan terdengar jelas di telinga kita namun untuk orang lain meski masih bisa denger suara speaker namun tidak terlalu kencang dan mengganggu.

D. Microphone Terbaik

Microphone-terbaik

  • Rode NT1a : Harga 3 jutaan : Suaranya enak!
  • Audio-Technica AT2020 : Harga 2 jutaan : Suaranya juga enak!
  • Rode Wireless Go II : Harga 4 juta : Praktis, simpel, dan trustable. Favorit banyak sekali YouTuber atau content creator.
  • Focusrite Scarlett 2i2 : Harga 3 jutaan : Ini adalah USB Interface yang menjadi beberapa favorit banyak pelaku audio maker. Ada yang nyebut soundcard, ada yang nyebut preamp.

D. WebCam Terbaik

  • Iriun Webcam App
  • DroidCam App
  • Canon/Nikon Webcam Utility (jadiin kamera Canon dan Nikon sebagai Webcam (yang support))
  • FujiFilm juga bisa jadi webcam dengan software FujiFilm Webcam.
  • GoPro juga bisa jadi webcam dengan software Utility.

Yup, kita bisa dapetin gambar super clean dengan menjadikan kamera HP sebagai kamera webcam kita. Koneksinya juga bisa dengan kabel USB ataupun WiFi. Jauh lebih praktis dibanding WebCam biasa yang pakai kabel.

Atau bisa juga dengan konekin kamera mirrorless/ camcorder buat dijadiin WebCam, bayangkan betapa jernihnya 😀 Gak usah bayangin sih, banyak streamer yang melakukan ini.

Tapi mungkin sebagian dari kalian betul2 pengen WebCam dedicated, maka ada ini;

Webcam-terbaik

  • Logitech C920S Pro HD, harga 1 jutaan
  • Logitech Brio HD, harga 3 jutaan
  • Logitech StreamCam, harga 2 jutaan

Ketiganya biasa aja sih, yang paling bagus kualitasnya adalah Logitech Brio HD, tapi harganya juga mihil bingit. Menurut saya, kualitas videonya cenderung bagus tapi gak istimewa, namun kelebihan WebCam itu didesain untuk dipakai dengan durasi yang sangat lama tanpa takut panas dsb.

E. SmartWatch Terbaik

Apple Watch Series 7 Jam tangan pintar terbaik

  • Apple Watch Series 7 : Sebenernya saya tidak tertarik dengan Apple Watch karena desainnya biasa saja. Tapi karena saya memasukkan iPhone sebagai salah satu ponsel terbaik maka ya pasangannya ini; Apple Watch. Soal fitur sih one of the best ya. Harganya lumayan banget nih 8 jutaan kalau yang Series 7. Kalau Series di bawahnya lebih murah, ada SE dan Series 3, harga 5 jutaan dan 3 jutaan.

Galaxy Watch4 Samsung Desain terbaik

  • Samsung Galaxy Watch4 : Nah kalau ini beneran suka. Ya model bundar gitu lebih cakep sih, ya kan. Harga Galaxy Watch4 ini 3 jutaan rupiah.

Amazfit GTR 3 Pro Smartwatch terbaik

  • Amazfit GTR 3 Pro : Harga 3 jutaan. Bukan merk HP dan saya juga saat ini pakai merk Amazfit dan ternyata ya sangat oke lah. GTR 3 Pro ini desainnya juga cakep ya, harga mirip dengan Galaxy Watch4.

F. Gimbal / Stabilizer Terbaik

DJI Ronin S2 RS2 Gimbal kamera terbaik

  • DJI RS 2 : Harga 12 Jutaan : Ini adalah generasi penerus Ronin S, namanya disingkat jadi RS 2 CMIIW. Ini gimbal yang bisa dipake buat DSLR besar juga. Dan soal harga sih lumayan mahal pake banget ya. Kalau mau yang agak terjangkau itu ada dari Zhiyun.

Zhiyun Crane M2 gimbal camera poket terbaik action camera

  • Zhiyun Crane M2 : Harga 3 Jutaan : Nah ini adalah seri menengahnya Zhiyun yang bisa dipakai buat jadi gimbal Smartphone, Action cam, dan Kamera Compact. Jika ingin yang bisa ngangkat kamera besar, maka harus ke Crane M3 atau Zhiyun Weebill harga 4-5 jutaan. Untuk gimbal smartphone juga ada Zhiyun Smooth series harga 1 jutaan.

DJI Osmo Mobile 5 gimbal HP terbaik

  • Yang keren juga adalah DJI Osmo Mobile 5 harga 2 jutaan. Menariknya karena ini gimbal yang bisa jadi tongsis alias bisa diexpand panjang tongkatnya. Ah tapi kimihilin yi.

G. TV, Screen, & Monitor Terbaik

Mi TV 4 55 inci Bezel-less 4K TV terbaik

  • Mi TV 4 55″ Bezel-less 4K : Harga 8 jutaan : Ga tau, kek menarik aja sih ini TV. Banyak YouTubers terkenal yang sukanya TV Sony, katakanlah David GadgetIn, Ridwan Hanif, dan BestIndoTech juga. Mungkin saya tidak suka TV Sony karena saya belum jadi YouTubers terkenal??

OLED Bravia XR A80J TV OLED Terbaik

  • Tapi bolehlah kita lirik TV Sony karena ternyata cakep banget terutama yang OLED series. Jadi dua TV yang saya bisa jadikan impian dan TV terbaik dari Sony adalah Sony KD-75X80I; 75 inch harga 23 juta, dan Sony OLED Bravia XR A80J; 65 inch harga 40 juta. Misal kemahalan, TV Sony OLED juga ada yang 55 inch dengan harga 26 juta. Wah beda 14 juta untuk beda ukuran 10 inch nih.

LG 4K TV 70 Inch terbaik

  • LG 4K TV 70 Inch : Harga 17 jutaan. Ya asyik aja keknya punya TV jumbo. Kalau buat nonton di ruangan kecil itu sebenernya gak enak ya TV kegedean. 43 Inch aja kalau jarak 2 meter itu puyeng liatnya. Jadi TV 70 inch itu enaknya memang di ruang yang gedean atau bioskop pribadi. Agak nyebelin juga karena yang 65 inch itu harga mulai 12 juta, beda 5 inch harganya naik 5 juta -__-

Asus ZenScreen Touch Monitor eksternal terbaik

  • Asus ZenScreen Touch : Harga 7 jutaan : Ini powered by built in battery dan koneksinya bisa pakai port micro HDMI atau USB Type-C. Bisa dikonekin ke PC, laptop, console, bahkan smartphone. Practical banget karena selain portable, ZenScreen dengan tipe ini juga Touchscreen dan layar sentuhnya bisa buat operasiin laptop biasa atau HP.

Samsung Odyssey G9 Monitor gaming dan editing video terbaik

  • Samsung Odyssey G9 : Ini adalah Super Ultra Wide QLED Gaming Monitor tertinggi dengan ukuran 49″, curved, dan ratio-nya 32:9. 240Hz 1 ms. Edun banget lah pokoknya. Idenya simpel, menyatukan dua monitor ratio 16:9. Harganya? Tentu uwow sekali, 23 juta aja.

H. Projector Terbaik

Xiaomi Mi Laser Projector 150 inch short throw terbaik

  • Xiaomi Mi Laser Projector 150″ : Harga 25 jutaan (4K) : Sebenarnya ada banyak sekali proyektor yang tersedia di pasaran namun sejak Xiaomi melakukan banyak inovasi, yang lain jadi berasa biasa saja. Mungkin karena yang lain harganya lebih mahal sih untuk fitur yang serupa. Misalnya proyektor ini, Short throw yang bisa nampilin 150 inch dari jarak penempatan proyektor yang gak sampai 1 meter dari screen/tembok. Harga 20 jutaan sebenernya gak yang mahal banget ya untuk resolusi 4K pulak. Jadi ya, ini masuk daftar ultimate wishlist elmuha. Untuk yang Full HD harganya 20 juta kurang.

ViewSonic M1+ (Gen 2 ) projector portable terbaik

  • ViewSonic M1+ (Gen 2 ) : Harga 5 jutaan : Sebenernya saya tertarik banget dengan Asus P3B yang harga normalnya 6 jutaan, tapi di pasaran rada gelap ini produk. Jadi kita putuskan untuk memilih ViewSonic M1+ sebagai proyektor portable terbaik. Aternatif ada Anker Nebula yang harganya 8 jutaan. So, ViewSonic M1+ ini punya kelebihan banyak banget seperti built in battery yang bisa bertahan hingga 6 jam, wow! Bobot 700 gram aja. Ada WiFi dan Bluetooth, serta desain yang smart banget bisa diputar 360 derajat. Cocok buat bekal traveling dan nobar film nih. Oh iya, bisa konek langsung ke HP dan bisa dicharge pakai powerbank dengan daya output 45W.

4. GADGET & GIZMOS Terbaik

Oke, kita mulai random aja ya, ini barang2 yang looks cool and I want it.

JIMMY JW31 Portable Pressure Washer terbaik

  • JIMMY JW31 Portable Pressure Washer : Harga 2 jutaan : Ini semprotan portable untuk nyuci mobil, motor, atau barang2 lainnya. Pakai baterai ya. Sebenernya ini bukan yang terbaik, tapi melihat test-nya, ini udah memenuhi kebutuhan semprot-menyemprot. Jadi prinsipnya, alat ini bikin semprotan jadi kuat banget walaupun menggunakan jumlah air yang sedikit, misalnya di ember.

70mai Dash Cam Pro Plus

  • 70mai Dash Cam Pro Plus bundle : Harga 1.5 jutaan : Ini Dashcam dan untuk yang ini sudah tersedia dua kamera untuk menghadap depan dan belakang.

Xiaomi Mi TV Stick

  • Xiaomi Mi TV Stick : Harga 500 ribuan : Android TV stick harga terjangkau namun sudah mencukupi untuk bikin TV biasa jadi android.

Notale Air Pump CP299 & PI289 portable compressor terbaik

  • Notale Air Pump CP299 & PI289 : Harga 400 & 500 ribu : Portable compressor untuk memompa ban kempis. Keduanya bisa dipilih; satu untuk motor, kalau untuk mobil butuh yang lebih gede.

Logitech G Pro X Keyboard dan Superlight Mouse

  • Logitech G Pro X Keyboard : Harga 1,5-2 juta : Keyboard mechanical yang gak dilengkapi numpad jadi posisinya lebih enak. Ada RGB lighting-nya.
  • Logitech G413 TKL SE : Harga 1 jutaan : Mechanical Keyboard
  • Logitech G Pro X Superlight Mouse : Harga 2 juta kurang : Super akurat dan super ringan.

Mouse TrackBall

  • Logitech ERGO M575 : Hara 1.2 jutaan : Pakai TrackBall sebagai pengendali kursor dan dilengkapi dua tombol tambahan yang bisa di-custom.
  • Logitech M331 : Harga 200 ribuan : Silent mouse

Logitech Driving Gear; G29 gaming wheels terbaik

  • Logitech Driving Gear; G29 + Shifter : Harga 5 jutaan : Setir dengan lapisan kulit yang mendekati rasa sebenarnya.

Herman Miller Embody Kursi kantor kerja gaming terbaik

  • Herman Miller Embody : Harga 35 juta : Ya keren banget aja sih, kalau fungsi sih kursi di bawah 1 juta udah cukup enak. Tapi yang ini katanya bisa bikin kita mikir pas duduk di sini :d.

Ikea Markus kursi kantor terbaik

  • Ikea Markus : Harga 3 juta : Harga sepersepuluh dari Embody tapi ini ergonominya gak buruk juga. Worth it!

Vivan VSJ01 ergolift table meja ergonomic murah terbaik

  • Vivan VSJ01 : Harga 1.3 juta : Ergo lift table itu mahal-mahal ya. Nah ada solusi praktis nih dari Vivan. Jadi fungsinya untuk mengubah mode duduk jadi mode berdiri. Karena kerja sambil berdiri itu kadang perlu banget.

Sebenarnya masih ada banyak lagi ya produk-produk terbaik yang bisa dimasukkan ke daftar ini. Misalnya genset, refrige, coffea maker, fryer, dan banyak lagi lainnya. Nah untuk produk-produk lainnya akan elmuha tambahkan ke depan secara berkala.

Untuk sementara, kita sudahi dulu sampai di sini… Bersambung ke produk-produk terbaik lainnya. Stay Tuned!

Originally posted 2022-01-12 08:46:33.

Yang TERBAIK : Laptop, HP, Kamera, Headphone, Speaker, Power Bank, TV, Monitor, Mic, WebCam, Smartwatch, Gimbal, Projektor, DashCam, TV Stick, Mouse, Keyboard, Dll
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.